Jenis Bahan Untuk Baju Proyek/Tambang

Hampir semua perusahaan saat ini mewajibkan para pekerjanya untuk mengenakan pakaian seragam. Selain menjadi sebuah identitas, seragam juga bisa menjadi pelindung tubuh dari bahaya-bahaya dalam bekerja. Terlebih lagi pada perusahaan yang mempekerjakan pegawai pada area tambang. Agar pengawas bisa memantau para pekerja, penggunaan seragam memang sangat diperlukan.

Untuk para pekerja tambang, penggunaan seragam benar-benar menjadi sebuah pelindung bagi mereka baik melindungi dari kecelakaan kerja maupun dari paparan sinar matahari. Oleh sebab itu pakaian tambang didesain sedemikian rupa agar bisa memudahkan mereka dalam bekerja. Kenyamanan para pekerja juga tentunya sangat diutamakan, maka pemilihan bahan untuk membuat pakaian ini tidak bisa sembarang pilih.

Pada saat bekerja, kecelakaan yang terjadi bisa muncul disebabkan oleh faktor dari pekerja atau faktor alam. Namun dengan menggunakan seragam yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan efek kecelakaan dapat diminimalkan. Maka hal ini memang menjadi sesuatu yang wajib menjadi perhatian khusus.

Pada dasarnya baju proyek atau tambang tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan seragam-seragam lainnya. Namun hal yang membedakannya yaitu baju proyek atau tambang harus menggunakan bahan yang ekstra nyaman dengan segala macam cuaca dan juga memenuhi kriteria akan faktor keamanan dalam bekerja di lapangan. Hal ini juga tentunya bertujuan untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan. Oleh sebab itu pakaian ini dibuat secara maksimal agar bisa memberikan perlindungan yang ekstra.

Bahan Baju Proyek/Tambang

Pemilihan bahan dalam pembuatan baju proyek atau adalah hal yang sangat diperhatikan. Seragam yang diperlukan untuk di pertambangan seperti di wilayah minyak dan gas atau di kerja lapangan yang lain pada dasarnya memiliki kesamaan dalam hal kebutuhannya. Bahan kain yang diperlukan biasanya adalah bahan yang memiliki karakteristik kuat (tidak mudah sobek), nyaman dipakai dan warnanya stabil.

Berikut ini adalah macam-macam bahan kain yang biasa dipakai untuk baju proyek atau tambang:

1. Kain Kanvas

Kain kanvas adalah jenis kain yang memiliki karakteristik tekstur yang berat dan tebal. Kain ini memang sudah biasa untuk membuat baju-baju yang dipergunakan di lapangan, seperti contohnya yaitu baju tambang. Kain ini bisa melindungi tubuh dari goresan-goresan benda tajam seperti batu, kayu dan lain-lain.  Saat dikenakan akan terasa sedikit gerah karena faktor bahan yang memang tebal. Namun tentunya akan memberikan rasa aman bagi tubuh.

Kain ini memiliki banyak variasi yang bisa disesuaikan dengan jenis pakaiannya. Seperti kanvas marsoto, kanvas oxford, kanvas ripstop, dan lain-lain. Meskipun cukup tebal tapi masih tetap nyaman dipakai.

2. Kain Drill

Kain drill merupakan jenis kain yang memiliki serat dengan garis-garis miring. Kain drill pada umumnya merupakan kain dengan campuran antara bahan cotton dan polyester. Kain drill dikenal memiliki ketebalan yang lebih baik dibanding jenis kain yang lain. Kain drill memiliki beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda. Beberapa dari jenis kain drill biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian, seperti kemeja, jaket, blus dan lain sebagainya.

Untuk baju tambang atau proyek biasanya menggunakan kain drill yang tebal, seperti yang berikut ini:

3. American Drill

Kain american drill terbuat dari bahan katun dan polyester. Jenis kain ini memiliki karakteristik menyerap air dengan baik sehingga akan nyaman saat digunakan. Selain itu permukaan kain ini juga sangat lembut dan teksturnya halus.

4. Japan Drill

Sama dengan american drill, japan drill juga terbuat dari campuran antara bahan katun dan polyester. Yang membedakannya yaitu komposisi bahan katun pada kain japan drill lebih banyak dari polyester. Japan drill memiliki karakteristik kain yang kuat dan tebal sehingga cocok untuk dibuat sebagai seragam lapangan seperti baju proyek atau tambang.

5. Nagata Drill

Nagata drill masih termasuk ke dalam golongan bahan japan drill. Kain nagata dril ini menjadi favorit kebanyakan orang, sebab memiliki komposisi katun yang lebih banyak. Tak hanya nyaman digunakan nagata drill juga mampu menyerap keringat dengan baik, tebal namun tetap adem saat dipakai.

6. Taipan Drill

Berbeda dengan jenis kain drill yang lain, taipan drill terbuat dari campuran bahan yaitu katun sebanyak 70% dan teteron sebanyak 30%. Jenis kain ini memiliki karakteristik tidak mudah kusut, lentur, dan memiliki permukaan yang halus. Sama dengan karakteristik kain drill yang lain, taipan drill juga menyerap air dengan baik sehingga nyaman untuk dipakai.

7. Kain Twill

Kain twill menawarkan banyak keunggulan, bahan twill merupakan jenis kain yang berasal dari keluarga katun. Dibuat dengan pola keper sebagai jenis tenunannya, sehingga memiliki karakteristik khusus yaitu berupa motif diagonal searah pada permukaannya. Kain twill memiliki beberapa karakteristik, diantaranya yaitu kuat dan tahan lama, lembut dan lentur, tidak menerawang, mudah menyerap keringat, dan adem sehingga akan nyaman saat dipakai.

8. Raphael

Bahan raphael memiliki kain yang tebal dan serat yang besar, warna cenderung tajam, pekat dan tidak mudah pudar. Keunggulan dari kain raphael kurang lebih sama dengan bahan drill.

9. Taipan Tropical

Bahan taipan tropical terkenal dengan kualitasnya yang bagus. Memiliki tekstur kain yang rata, namun untuk ketebalannya sedikit lebih tipis dibanding dengan bahan drill. Tropical memiliki komposisi katun yang lebih banyak dibanding teteron, sehingga memiliki harga yang cenderung lebih mahal. Keunggulan yang lain yaitu kainnya lentur dan tidak mudah kusut.

Demikian informasi singkat mengenai jenis bahan yang bagus untuk membuat seragam atau baju proyek/tambang. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?