Rekomendasi Bahan Baju Korsa dan Baju PDH/PDL

Rekomendasi Bahan Baju Korsa dan Baju PDH/PDL

Baju korsa, Pakaian Dinas Harian (PDH), dan Pakaian Dinas Lapangan (PDL)  merupakan seragam yang digunakan untuk menunjukkan identitas sebagian dari sebuah anggota kelompok atau organisasi. Seragam-seragam ini dalam prakteknya dipakai saat terdapat kegiatan internal maupun eksternal. Desain seragam ini harus sesuai dengan filosofi yang ditunjukkan dari warna, logo, atau desain tambahan lainnya.

Desain baju korsa, PDH dan PDL tidak boleh sembarangan sebab desain tersebut akan mewakili identitas dari organisasi itu sendiri. Sebab penggunaannya juga biasanya di luar ruangan, seragam-seragam ini di desain agar kokoh dan tahan lama agar tidak mudah rusak dan pudar warnanya. Maka dari itu sebelum membuat seragam ini ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan jasa konveksi terkait dengan desain, warna dan bahan apa yang akan digunakan.

Nah kali ini kita akan memberikan rekomendasi bahan untuk membuat baju korsa, baju PDH dan PDL. Mari simak ulasan berikut ini!

  • Japan Drill

Para pecinta kain tentunya sudah tidak asing lagi mendengar Japan Drill. Jenis kain ini sudah sangat umum sekali dijadikan bahan membuat baju korsa, PDH dan juga PDL. Hal ini tak lain sebab kain ini memiliki permukaan yang lembut dan sangat nyaman digunakan untuk menjadi seragam. Kain Japan Drill memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat kuat dan tidak mudah robek. Japan Drill terbuat dari campuran bahan katun dan polyester, dimana katun lebih banyak mendominasi. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Japan Drill.

Kelebihan dan kekurangan Japan Drill:

1. Memiliki serat yang tinggi dan kuat

Kandungan serat yang tinggi di dalam kain Japan Drill, membuat kain ini sangat kuat dan tidak mudah sobek meskipun ditarik dengan kuat. Oleh karena itulah Japan Drill banyak dipilih untuk dijadikan Pakaian Dinas Lapangan.

2. Awet dan warna tidak mudah pudar

Dibandingkan dengan jenis kain lainnya, Japan Drill lebih awet meskipun sudah dicuci dan dipakai berkali-kali. Bahkan kain akan tetap kuat dan tidak mudah lemas.

3. Tekstur unik dan tidak mudah kusut

Jika dilihat secara detail, Japan Drill memiliki tekstur yang sedikit kasar, hal ini dikarenakan terdapat bintik-bintik kecil pada permukaan kain. Namun tetap saja tidak akan mengganggu kenyamanan saat dipakai. Karena terdapat tekstur inilah, kain Japan Drill tidak mudah lemas dan kusut meskipun sudah dipakai seharian.

4. Adem dan menyerap keringat

Meskipun bahannya lumayan tebal dan sedikit kaku, tetapi Japan Drill akan tetap adem dipakai dan juga menyerap keringat dengan baik. Jadi jika dipakai diluar ruangan selama seharian orang akan minim mengalami gerah dan kepanasan.

5. Mahal

Kekurangan yang dimiliki oleh Japan Drill yaitu memiliki harga yang cenderung lebih mahal dari pada jenis kain yang lain. Hal disebabkan memiliki kandungan katun yang cukup tinggi sehingga sangat nyaman dikenakan untuk dijadikan baju korsa, PDH atau PDL.

  • American Drill

American drill merupakan salah satu dari banyaknya jenis kain drill. Memiliki tekstur yang berbeda dari kain drill lainnya, yaitu cenderung terlihat diagonal atau miring. Berbahan dasar katun dengan campuran polyester. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kain American drill.

1. Awet

Baju korsa, PDH, dan PDL yang menggunakan bahan ini dijamin akan awet dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama.

2. Menyerap keringat

Terdapat kandungan katun, sehingga bahan ini sangat mudah menyerap keringat.

3. Tidak mudah kusut

Bahan ini tidak mudah kusut sehingga banyak diincar oleh banyak konsumen, sebab tidak susah untuk perawatannya.

4. Warna tidak mudah pudar

Warna dari bahan American drill ini sangatlah awet meskipun sudah dicuci dan dijemur berkali-kali.

5. Bahan berat

Bahan American drill ini memiliki bobot yang berat, sehingga tidak akan terasa ringan saat dikenakan.

6. Harga cenderung mahal

Sebab memiliki banyak kelebihan, bahan American drill cenderung memiliki harga yang mahal di pasaran.

  • Taipan Drill

Kain Taipan Drill merupakan jenis bahan yang terbuat dari campuran katun dengan polyester, dengan kandungan katun yang lebih banyak. Kain ini juga dikatakan memiliki kualitas yang setara dengan Japan Drill. Bedanya yaitu kain Taipan Drill tidak mempunyai tekstur bergaris miring seperti jenis kain drill yang lain.

Kain Taipan Drill memiliki berbagai macam keunggulan diantaranya yaitu tidak berbulu, memiliki serat seperti American Drill, kuat dan tidak mudah sobek. Dengan keunggulannya tersebut kain Taipan Drill banyak dicari dan menjadi favorit perusahaan konveksi untuk dijadikan berbagai macam seragam salah satunya yaitu Baju Korsa, PDH, dan juga PDL.

  • Kanvas

Kain kanvas adalah jenis kain yang memiliki serat tebal dan kuat. Dahulu penggunaan kanvas bisa  terlihat sebagai media lukis, namun seiring berkembangnya zaman kain kanvas sudah banyak sekali dimanfaatkan. Seperti  dijadikan bahan dasar pada pembuatan tas, jaket, sepatu dan berbagai macam aksesoris lainnya. Kain kanvas memiliki ketebalan yang sempurna sehingga mudah sekali untuk dimodifikasi.

Kain kanvas memiliki jenis yang bermacam-macam, diantaranya yaitu kanvas blancu, kanvas terpal, kanvas ripstop, kanvas marsoto, kanvas PE, kanvas seuding, dan canvas baby. Secara umum kain kanvas memiliki karakteristik yaitu, memiliki permukaan kain yang kasar, tidak mudah sobek, tekstur kain yang kaku, dan serat benang yang terlihat sangat jelas.

Nah itulah ulasan tentang rekomendasi bahan yang baik untuk bahan baju korsa, PDH, dan PDL. Demi menunjang penampilan dan kenyamanan anda saat bekerja atau berorganisasi, pilihlah bahan yang cocok dan nyaman untuk dipakai.

Semoga bermanfaat!

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?