Referensi Bahan Drill yang Cocok Untuk Baju Kemeja

Setiap jenis kain yang diproduksi oleh sebuah pabrik, memiliki ciri khas atau karakteristik tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis kain lainnya. Salah satunya yaitu kain drill, jenis kain driil ini adalah yang paling banyak digunakan untuk pembuatan berbagai macam baju ataupun seragam. Misalnya saja yaitu kemeja, banyak sekali di pasaran kemeja dengan bahan drill dijual. Kemeja sekolah, kemeja kantor, seragam kerja seperti PDH atau PDL juga banyak sekali yang menggunakan bahan drill.

Tidak sedikit pula masyarakat yang menggemari kemeja yang memakai bahan ini. Hal ini menunjukkan bahwa bahan drill memang menjadi favorit banyak orang. Bahan drill sendiri merupakan kain yang terbuat dari bahan katun, ada juga yang terbuat dari campuran antara katun dan polyester. Memiliki karakteristik pintalan benang yang dibuat secara diagonal dengan sudut kemiringan sekitar 45 derajat. Akan tetapi juga ada yang dibuat dengan sudut kemiringan 15 sampai 75 derajat.

Bahan drill merupakan jenis kain yang memiliki serat dengan jalinan benang yang cukup kuat. Hal inilah yang membuat banyak konveksi dan perusahaan garment menggunakannya untuk dijadikan kemeja ataupun seragam. Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri umum dari bahan drill:

  • Tidak mudah kusut
  • Permukaan kain terasa lembut bila disentuh
  • Memiliki tekstur pintalan benang yang jika dilihat nampak berupa garis-garis miring atau diagonal
  • Memiliki perbedaan pada bagian depan dan belakang permukaan kain
  • Memiliki jalinan atau tenunan yang cukup kuat
  • Sejuk bila dipakai
  • Menyerap keringat dengan cukup baik

Jenis-jenis Bahan Drill Untuk Kemeja

  1. Japan Drill

Kain japan drill merupakan jenis kain yang memiliki kandungan serat cukup tinggi sehingga kain ini begitu kuat. Kain japan drill terbuat dari campuran antara katun dan polyester, yang dimana kandungan katun lebih banyak dari pada polyester. Sehingga untuk kenyamanan tidak perlu diragukan lagi, kualitasnya sangat bagus dan dimensinya relatif stabil pada setiap lipatan dan penyusutan. Bahan ini sangat bagus sekali bila dijadikan kemeja yang dipakai di luar ruangan, sebab memiliki kualitas yang awet dan warnanya tidak mudah pudar.

Berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki oleh Japan Drill:

  • Permukaan Kain Sangat Lembut

Pada saat mengenai kulit kain Japan Drill akan terasa sangat lembut. Sehingga kemeja yang terbuat dari bahan ini akan sangat nyaman dipakai.

  • Awet dan Warna Tidak Mudah Pudar

Meskipun sudah dipakai dan dicuci berkali-kali kain Japan Drill akan awet dan warnanya tidak mudah pudar. Tekstur kain juga tetap kuat dan tidak mudah lemas. Tidak terkhusus untuk warna-warna tertentu, semua warna kain jenis Japan Drill akan tetap awet selama mengalami perawatan yang benar. Agar tetap awet, sebaiknya hindari menjemur dibawah terik matahari langsung.

  • Adem dan Menyerap Keringat

Meskipun bahan cenderung tebal dan kaku, tetapi bahan Japan Drill akan adem dan menyerap keringat saat dipakai. Sebab terbuat dari bahan katun, jadi meskipun dipakai seharian di luar ruangan orang tidak akan merasa gerah.

  • Memiliki Serat Tinggi dan Kuat

Kandungan serat yang dimiliki Japan Drill sangat tinggi, hal ini membuat kain ini kuat dan tidak mudah sobek. Hal inilah yang membuat bahan ini banyak digunakan menjadi kemeja yang dipakai di lapangan.

  • Tidak Mudah Kusut

Jika dilihat dari teksturnya, kain Japan Drill memiliki tekstur yang kasar dibanding dengan jenis kain drill yang lain. Hal ini disebabkan karena adanya bintik-bintik kecil di permukaan kain. Adanya bintik-bintik kecil ini tidak mengurangi rasa nyaman saat dipakai. Bahkan membuat kain ini tidak mudah kusut dan anda tidak lagi risau soal kerapihan.

  • American Drill

Mulanya bahan American Drill ini dipakai di dunia militer yang dikenakan di medan pertempuran. Saat ini bahan American Drill sudah bergeser menjadi pakaian umum. Bahan American Drill adalah jenis kain yang paling umum digunakan oleh konveksi, mulai dari membuat kemeja seragam kantor, seragam sekolah untuk PKL, PDH, PDL, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih lanjut berikut ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri dari kain American Drill:

  • Terbuat Dari Material Sintetis

Bahan American Drill terbuat dari perpaduan antara serat katun dan benang Polyester. Motif sulam yang dihasilkan membuat permukaan kain terasa khas bila diraba. Hasil perpaduan dari dua bahan ini membuat kemeja yang terbuat dari American Drill akan terasa adem, lembut, dan menyerap keringat dengan baik.

  • Permukaan Kain Tidak Mudah Rusak

Serat kain American Drill tidak mudah kasar dan menipis. Jadi meskipun sudah dicuci, dikucek dan dijemur berkali-kali kain tidak mudah rusak. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi.

  • Harga Terjangkau

Dibanding dengan jenis kain drill yang lainnya, American Drill memiliki harga yang paling terjangkau. Jadi tidak heran lagi bila permintaan kain American Drill dipasaran selalu tinggi. Penggunaannya juga saat ini sudah merambah hingga kemeja angkatan kelas, jaket, hingga rompi.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, bahan American Drill juga memiliki beberapa kelemahan salah satunya yaitu sulit ditemui terutama di kota-kota kecil. Banyak sekali konsumen dan juga produsen yang belum mengenal bahan American Drill ini.

  • Nagata Drill

Kain Nagata Drill adalah jenis bahan yang cukup terkenal selain dari Japan Drill. Kain Nagata Drill sudah sangat umum dan juga banyak dipakai untuk membuat kemeja, mulai dari kemeja untuk seragam perusahaan, seragam sekolah, dan masih banyak yang lainnya. Meskipun cenderung tebal, namun tetap dingin saat dikenakan. Kain Nagata Drill ini terbuat dari campuran katun dan polyester, dimana katu lebih banyak mendominasi.

Nagata Drill memiliki kualitas yang sangat baik dan stabil terhadap lipatan dan penyusutan. Kain ini sangat populer sekali untuk dibuat kemeja PDH dan PDL. Harga dari kain ini berbeda-beda, tergantung dengan presentase katun. Berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki oleh Nagata Drill:

  • Dingin saat dipakai, sebab presentase katun lebih tinggi dari pada polyester.
  • Terasa lembut saat dikenakan.
  • Warna awet dan tidak mudah pudar meskipun sudah dipakai dan mengalami proses perawatan yang lama.
  • Serat benang tebal, namun tetap dingin saat dipakai.
  • Dapat menyerap keringat dengan baik, sehingga tidak gerah.

Meskipun banyak kelebihan, kain Nagata Drill juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya yaitu:

  • Memiliki harga yang cenderung mahal karena kualitas kain yang bagus.
  • Beberapa kain Nagata Drill dengan tingkatan lain memiliki karakteristik warna yang mudah pudar.
  • Bahan Nagata Drill berat bagi beberapa orang, sebab ketebalan kain ini bisa dibilang di atas rata-rata.

Nah, itulah beberapa bahan yang cocok untuk dijadikan kemeja baik kemeja seragam kantor, seragam sekolah, PDL, PDH, dan lain sebagainya. Masing-masing bahan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi pilihlah bahan yang sesuai dengan keinginan anda.

Semoga bermanfaat!

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?