Pembuatan Vandel Wisuda

Wisuda tentu menjadi momen spesial bagi banyak orang. Wisuda menjadi tanda bahwa seseorang telah menamatkan pendidikan. Dahulu wisuda hanya dilakukan ketika serorang mahasiswa telah menyelesaikan masa studinya, namun kini semenjak TK siswa juga telah melakukan sesi wisuda.

Sebagai salah satu rangkaian terakhir dari kegiatan akademik, wisuda biasanya dilakukan dengan meriah. Pelantikan yang dilakukan dengan penuh khidmat menjadi tanda bahwa seseorang telah melepas status siswa maupun mahasiswanya dan dapat melanjutkan langkah selanjutnya.

Pada acara wisuda, kamu mungkin tidak asing dengan salah satu souvenir wajib yang harus hadir pada acara ini. yaitu vandel. Vandel atau biasa disebut plakat merujuk pada sebuah benda yang digunakan sebagai cinderamata pada sebuah acara resmi atau tidak termasuk untuk acara wisuda.

Sebagai salah satu benda wajib pada acara wisuda. Pihak kampus atau sekolah biasanya terlebih dahulu melakukan pemesanan pembuatan vandel wisuda pada pihak yang telah dipercaya, karena pemesanan vandel wisuda tentu memerlukan waktu yang cukup banyak mengingat jumlah wisudawan bisa berjumlah ratusan hingga ribuan orang.

Vandel wisuda dapat terbuat dari berbagai macam material dasar yang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Berbagai material tersebut dapat berkategori terjangkau hingga mahal. Beberapa material vandel yang biasa digunakan untuk acara wisuda adalah

1. Kayu

material ini seringkali digunakan untuk souvenir pada acara wisuda. Material kayu yang tergolong murah sehingga kontras dengan harga jual vandel. Selain itu vandel kayu juga menjunjung nilai estetika yang tinggi. Sehingga cocok untuk digunakan sebagai vandel wisuda.

Kayu juga memiliki bentuk fisik yang ringan dan tidak mudah pecah. Sehingga pemilihan material ini biasa menjadi alternatif bagi pihak sekolah atau kampus untuk memesan pembuatan vandel wisuda.

2. Marmer

material batu alami ini termasuk primadona dalam souvenir wisuda, marmer menciptakan visual elegan yang mahal. Sehingga banyak pihak sekolah dan kampus yang menjatuhkan pilihannya pada vandel marmer.

Vandel marmer memang sering digunakan dalam beragam acara termasuk wisuda. Material marmer yang kokoh dan tergolong terjangkau membuat vandel marmer menjadi souvenir yang banyak dipesan untuk acara wisuda. Pemesanan vandel wisuda juga acapkali dipilih karena para pembuat vandel lebih sering membuat vandel dari jenis material ini.

3. Akrilik

sebagai salah satu kategori material plastik. Vandel akrilik cocok dijadikan sebagai pilihan untuk pembuatan vandel wisuda. Akrilik memang memiliki visual yang mirip kaca, namun bahan dasar akrilik sesungguhnya adalah plastik sehingga tidak mudah pecah.

Pembuatan vandel dengan akrilik juga dapat dikerjakan dengan lebih cepat karena hampir seluruh prosesnya menggunakan mesin. Dan tidak bergantug pada tangan manusia. Sehingga sangat mungkin untuk menyelesaikan pesanan pembuatan vandel wisuda tepat waktu.

4. Resin

bahan yang tergolong baru dalam industri vandel ini kini mulai populer, karena pembuatannya memiliki teknik yang sama sekali baru, yakni teknik cetak. Teknik ini memungkinkan pesanan vandel untuk acara wisuda dapat selesai dengan cepat. Resin juga menawarkan visual yang lebih berwarna dan menarik. Cocok digunakan untuk acara wisuda TK atau SD.

Keempat material dasar diatas sangat cocok untuk pembuatan vandel wisuda. Selain harganya masih terjangkau, bahan-bahan diatas juga sangat familiar bagi para pengrajin atau pembuat vandel sehingga waktu proses pembuatan vandel wisuda dapat memakan waktu yang cukup singkat meskipun pesanan vandel untuk acara wisuda pasti cukup banyak.

Vandel wisuda memiliki keunikan sendiri dengan jenis vandel lainnya. Biasanya pesanan vandel wisuda datang dalam jumlah yang banyak, dan harus selesai pada kurun waktu tertentu sebelum acara wisuda berlangsung. Untuk pembuat vandel harus benar-benar dapat bertanggung jawab menyelesaikan pesanan tepat waktu agar tidak mengecewakan konsumen.

Proses pembuatan vandel wisuda tentu saja hampir sama dengan pembuatan vandel pada umumnya, yang sedikit membedakan hanya pada bagian pemotongan dan desain yang dikhususkan untuk acara wisuda. Beberapa prosedur pembuatan vandel wisuda diantaranya adalah:

– Bahan dasar, biasanya pihak kampus telah memutuskan untuk membuat vandel dari bahan tertentu, sehingga pembuat vandel tidak perlu pusing lagi untuk memikirkannya. Namun apabila pihak kampus tidak memberikan keputusan bahan apa yang harus digunakan, pembuat vandel tentu saja dapat menawarkan bahan dasar apa yang bisa dipilih, disertai penjelasan kekurangan, kelebihan dan tentu saja harga.

Untuk kegiatan wisuda, jumlah vandel yang dipesan mungkin cukup banyak, sehingga pihak sekolah atau kampus lebih memilih vandel yang terjangkau, pembuat vandel dapat membantu memberi pilihan kepada konsumen mengenai jenis bahan dasar yang dapat dipilih untuk pembuatan vandel wisuda.

– Desain, membuat desain untuk acara wisuda susah-susah gampang. Vandel wisuda yang sudah familiar biasanya memiliki desain mainstream dengan bentuk logo instansi pendidikan, bergambar toga atau bergambar wisudawan- wisudawati. Desain yang familiar memang akan memudahkan pembuat vandel namun apabila ada desain khusus yang dipesan oleh konsumen, juga bisa menyusahkan pihak pembuat vandel.

Kesulitan itu bisa semakin bertambah apabila waktu yang diberikan konsumen untuk menyelesaikan pesanan vandel tidak cukup lama.

– Cutting, proses ini merupakan proses yang dapat memakan waktu lama, karena pada beberapa material seperti marmer dan kayu, pemotongan dilakukan secara manual, sehingga pembuat vandel harus melakukannya satu persatu. Pembuat vandel professional sekalipun akan membutuhkan waktu untuk melakukan step ini.

Apabila desain vandel wisuda yang dipesan rumit dan khusus, pemotongan vandel juga dapat memakan waktu lebih lama dibanding biasanya. Pada material resin dan akrilik, tidak diperlukan proses pemotongan karena material tersebut menggunakan teknik cetak dan bantuan komputer.

– Penyatuan, agar vandel dapat berdiri diperlukan tatakan. Tatakan diperlukan untuk seluruh vandel karena tidak ada vandel yang dapat berdiri tanpa tatakan. Material tatakan biasanya sama dengan bahan dasar pembuatan vandel, untuk menggabungkan vandel dengan tatakan diperlukan lem yang sesuai, misalnya lem kayu untuk vandel kayu dan lainnya. Penyatuan juga termasuk aktivitas menempelkan desain pada tubuh vandel.

– Finishing, langkah ini penjadi penutup pembuatan vandel wisuda. Setelah vandel wisuda selesai dibuat, diperlukan pengecekan ulang untuk memastikan tidak ada desain tulisan atau bentuk yang keliru. Juga memastikan tidak ada sisa material yang masih menempel dan masalah lainnya.

Pembuatan vandel wisuda memerlukan waktu yang lebih banyak dibanding membuat vandel lain. Pesanan vandel wisuda sangat mungkin datang dalam jumlah tidak sedikit, sehingga tentu saja akan memakan waktu, terutama apabila ditambah dengan adanya pesanan khusus pada bagian desain.

Vandel wisuda merupakan pesanan vandel yang selalu ada dalam satu tahun, hal ini mengingat acara wisuda juga terjadi setiap tahun. Agenda wisuda siswa dan mahasiswa biasanya menggunakan vandel sebagai souvenir untuk acara tersebut. Vandel menjadi salah satu pilihan utama disamping dapat dibuat dari berbagai material, desain yang unik juga harganya yang masih bisa digolongkan terjangkau. Pembuatan vandel wisuda membantu para pembuat vandel untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah yang cukup lumayan.

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?