Pembuatan Id Card Holder Kulit

Id card merupakan kartu yang berisi identitas diri pemiliknya, id card bisa memiliki informasi mulai dari nama, usia, agama, pekerjaan hingga jabatan. Id card seringkali digunakan masyarakat untuk membantu melakukan pekerjaan mereka sehari-hari. Id card seringkali digunakan oleh para tenaga professional seperti dokter untuk melakukan absen dan lainnya.

Kegunaan id card sangat penting bagi masyarakat kita saat ini, kecanggihan teknologi membuat id card dipilih untuk mempermudah beragam urusan. Selain mempermudah pengenalan seseorang Id card juga membuat kesan yang rapi dan formal sehingga memang sering digunakan oleh bermacam-macam profesi seperti pegawai kantor.

Secara umum, id card memiliki ukuran yang hampir sama dengan Kartu Tanda Penduduk, yakni sekitar 56x86cm. Id card bisanya diberikan pihak instansi terhadap karyawan mereka, namun dapat juga membuat atau menggandakannya secara pribadi apabila pihak instansi tidak memberi atau Id card hilang.

Id card biasa diletakkan dalam sebuah kotak plastik bening yang diberi tali untuk digantungkan di leher, benda tersebut dikenal sebagai Id Card holder, beragam jenis materia Id card holder dapat ditemukan mulai dari plastik hingga Id Card holder kulit.

Id card holder tidak hanya digunakan sebagai tempat menyimpan Id card, banyak orang yang menggunakannya untuk menyimpan E-toll, kartu ATM dan lain sebagainya. Untuk itu penting memiliki Id card holder karena benda ini dapat sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Beragam jenis Id card holder memang tersedia, berbagai kekurangan dan kelebihan. Berbagai jenisnya juga menawarkan bermacam-macam harga mulai dari yang murah hingga yang cukup mahal.

Harga dapat menentukan kualitas produk Id card holder, misalnya Id card holder yang terbuat dari plastik full tentu memiliki kekurangan seperti mudah sobek. Selain plastik kini muncul Id card holder yang terbuat dari kulit. Pembuatan id card holder kulit tentu memiliki pertimbangan manfaat bagi konsumen.

Kulit memiliki sifat yang lebih kuat dibanding plastik, selain itu kulit juga membuat kesan lebih elegan pada Id card. Kulit memiliki daya tahan yang lebih baik dibanding plastik sehingga cocok untuk dijadikan sebagai Id card Holder.

Pembuatan Id card holder kulit dapat menggunakan bahan baku kulit sapi atau kulit sintetis. Jenis kulit juga dapat berpengaruh terhadap kualitas produk.

Id card holder kulitmemang memberi efek visual yang lebih menarik dibanding Id card holder. Selain nampak lebih alami Id card holder kulit juga terkesan lebih eksklusif, hal ini karena lebih banyak masyarakat yang menggunakan Id Card holder plastik dibandingkan Id card holder kulit.

Id card holder plastik biasanya diproduksi dalam skala besar menggunakan mesin, hal ini tentu berbeda dengan pembuatan Id card holder kulit yang kebanyakan masih menggunakan tangan. dengan menggunakan tangan, ada jaminan eksklusif karena desain yang dibuat bisa berbeda-beda.

Pembuatan Id card holder kulit juga memerlukan kesabaran ekstra, ketelatenan, waktu yang lumayan banyak dan tenaga manusia. Hal ini karena Id card holder kulit memang masih sering dibuat secara manual oleh manusia.

Id Card holder kulit memang bisa dibuat menggunakan mesin, namun hal ini tentu dapat mengurangi nilai eksklusif Id card kulit apabila dibandingkan dengan yang dibuat dengan tangan.

Kesan eksklusif yang ditawarkan Id card holder kulit tentu menimbulkan pertanyaan mengenai bagaimana cara pembuatannya, berikut adalah cara membuat Id card holder secara manual tanpa bantuan mesin.

– Siapkan peralatan dan bahan baku, hal pertama yang wajib dilakukan adalah menyiapkan berbagai peralatan yang akan digunakan untuk membuat Id card kulit. Barang-barang yang diperlukan antara lain kulit, kertas, gunting, palu, alas potong, lem, korek, pensil, benang jahit dan jarum, kertas gosok, cutter dan penggaris.

Peralatan tersebut membantu setiap kegiatan pembuatan berlangsung dengan baik. anda juga perlu memilih jenis kulit yang akan digunakan untuk Id card holder kulit.

– Buat Desain, untuk membuat Id card holder dari kulit, pembuat Id card holder harus lebih dulu membuat gambar desain. Desain dapat menjadi penentu hasil dari Id card holder nantinya. Desain menggambarkan setiap bagain dari Id card holder seperti bagian depan dan belakang.

Desain digambar pada kertas khusus agar presisi, kertas khusus juga harus memiliki sifat tidak mudah sobek agar bisa bertahan sampai tahap akhir.

– Potong desain, pemotongan kertas dapat dilakukan denggan menggunakan cutter dan bantuan penggaris agar rapi sehingga mempermudah pembuat untuk meletakkannya diatas kulit yang akan digunakan untuk membuat Id card holder.

– Ukur kulit dan potong, ketas yang berisi desain Id card holder dapat diletakkan diatas kulit yang akan digunakan, lalu potong bagian yang akan digunakan dan pisahkan dengan bagian yang tidak perlu. Pada bagian ini pemotongan harus sesuai dengan ukuran gambar pada desain.

Pemotongan kulit harus presisi pada tiap bagian mulai dari depan hingga belakang, pemotongan pada bagian depan juga meliputi pembuatan lubang pada bagian tengah untuk meletakkan Id card nantinya.

– Gosok tepian kulit menggunakan kertas gosok, untuk mendapat pinggiran yang halus, perlu menggosok bagian tepi kulit yang telah dipotong, hal ini juga agar konsumen yang menggunakan Id card holder tersebut nyaman. Penggosokan dilakukan pada semua sisi kulit.

– Jahit, Proses menjahit dilakukan tanpa bantuan mesin, benang yang dipakai juga harus memiliki warna senada dengan warna kulit agar terlihat cocok. Proses menjahit yang pertama hanya bertujuan untuk menghubungkan bagian depan, belakang dan plastik saja.

– Letakkan plastik bening di tengah, peletakan plastik bertujuan untuk melindungi Id card nantinya dari air atau suhu sehingga tidak rentan mengalami kerusakan.

– Tempel bagian depan dan belakang, setelah plastik pelindung diletakkan gabungkan kedua bagian menggunakan lem, pastikan lem yang diberikan tidak terlalu banyak agar tidak meluber dan mengotori kulit atau terlalu sedikit sehingga daya rekatnya kurang. Letakkan lem menggunakan kertas yang kaku agar lem lebih merata sehingga dapat mengunci setiap sisi.

– Rapikan Id crad holder yang telah diberi lem, pastikan setiap sisi menempel sempurna. Lau kembali gosok dengan kertas gosok.

– Jahit seluruh sisi, para proses penjahitan kedua, setiap sisi Id card holder perlu dijahit dengan rapi. Proses menjahit harus dilakukan dengan teliti dan telaten sehingga tidak merusak kulit. Sebelum dijahit biasanya terlebih dahulu dibuatkan lubang agar nantinya jahitan lurus dan tidak melenceng.

– Finishing, proses ini meliputi aktivitas menekan semua sisi agar lem menempel, memeriksa jahitan untuk memastikan tidak ada kecacatan

– Lubangi bagian atas untuk meletakkan tali dan masukkan tali dan Id Card Holder kulit siap digunakan.

Pembuatan Id card holder kulit memang lebih rumit dibanding Id card holder plastik, selain perlu bahan dan peralatan yang lebih banyak, juga perlu waktu dan ketelatenan pada setiap langkah pembuatannya. Namun hasil Id card holder tentu tidak akan mengecewakan konsumen karena memiliki kesan yang unik dan eksklusif.

Pembuatan Id card holder kulit dan contohnya dapat diakses lewat laman website yang menyediakan tutorial melalui video.

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?