Pembuatan dan Contoh Vandel

Kamu mungkin tidak asing dengan vandel, setiap kali terdapat perayaan bersifat resmi, vandel seakan menjadi barang yang wajib ada. Vandel juga digunakan dalam acara-acara tidak resmi Vandel seringkali digunakan sebagai souvenir pada sebuah momen.

Vandel biasanya juga digunakan sebagai kenang-kenangan. Banyak pihak yang memilih vandel sebagai barang yang akan diberikaan pada sebuah acara misalnya perpisahan sekolah, kampus dan lainnya.

Berbagai contoh vandel banyak bertebaran di marketplace. Berbagai jenis vandel yang tersebar terbuat dari berbagai bahan dasar diantaranya marmer, akrilik, kayu kaca dan lainnya. Bahan-bahan tersebut tentu saja memiliki beragam kekurangan dan kelebihan serta perbedaan harga.

Contoh vandel dapat kamu temukan dengan mudah. Vandel untuk acara TK, SD, Wisuda dan lainnya. Dengan berbagai bentuk dan model, juga tulisan.

Berbagai jenis material vandel tentu memiliki teknik tersendiri dalam pembuatannya, namun secara umum pembuatan vandel terdiri atas beberapa langkah diantaranya:

– Pilih material berkualitas baik

Kamu bisa menggunakan material marmer, akrilik atau lainnya. Namun pastikan material yang dipilih adalah material yang berkualitas baik, karena pemilihan material akan berpengaruh terhadap kualitas barang yang kamu jual.

Berbagai jenis material menawarkan kelebihan dan kekurangan. Material yang murah tentu dapat menimbulkan resiko seperti mudah pecah, rusak atau lapuk. Sedangkan material yang bagus dapat membantu vandel yang kamu jual memiliki kualitas yang baik, sehingga konsumen akan rela merogoh koceknya bahkan kembali lagi untuk membeli vandel ditokomu.

Langkah pertama pembuatan vandel ini sepatutnya dipertimbangkan sejak awal, agar kamu bisa mematok harga yang sesuai, mencari supplier bahan dan sebagainya. Jangan tergiur dengan keuntungan besar apabila kamu tidak mengimbanginya dengan menggunakan bahan berkualitas.

Pemilihan material vandel juga memiliki kemudahan serta kekurangan masing-masing. Kesulitan yang ada dapat menjadi alasan kamu memberikan harga pada vandel yang kamu buat dan begitu juga sebaliknya.

– Buat Desain

Vandel apa yang hendak kamu buat, apakah untuk acara perpisahan atau souvenir acara kantor. Kamu bisa membuat desain yang sesuai pada vandel dengan acara yang hendak dilaksanakan. Kamu juga bisa meminta konsumen untuk memberikan informasi mengenai tulisan yang harus ada, gambar yang harus ada dan sebagainya.

Bentuk vandel juga bisa mempengaruhi kepuasan konsumen, jadi biarkan konsumen memilih desain bentuk vandel pesanannya atau berikan beberapa pilihan agar mereka mudah menentukan model yang akan dipilih seperti persegi panjang, bunga, atau oval.

Penggunaan warna atau tambahan gambar juga penting. Warna yang sesuai dengan acara yang akan diadakan tentu sangat berpengaruh. Begitu juga dengan gambar, misalnya kamu bisa menggunakan gambar toga pada vandel wisuda. Apabila kamu tidak yakin pada pilihanmu konfirmasikan dengan pemesan agar pemesan tidak kecewa dengan hasil vandel nantinya.

Langkah-langkah pembuatan vandel memang sangat rumit, karena desain yang salah atau tidak sesuai dengan keinginan konsumen kemungkinan tidak akan diterima sehingga kamu bisa saja rugi.

– Pemotongan Material Vandel

Untuk mendapat model yang sesuai, tentu saja bahan materia vandel harus dipotong. Terdapat perbedaan teknik pemotongan pada material yang berbeda. Misalnya pada material akrilik, maka pemotongannya dilakukan dengan membuat ukuran lewat komputer terlebih dahulu, setelah itu mesin akan disambungkan dan pemotongan dilakukan.

Pemotongan menggunakan mesin pada material akrilik membantu kamu mendapat bentuk yang kamu mau tanpa merusak akriliknya. Karena material ini rentan mengalami rusak. Sedangkan pada material marmer, pengukuran dapat dilakukan secara manual dengan membuat desain bentuk pada kertas karton, lalu menempelkannya pada sepotong marmer untuk kemudian dipotong menggunakan gerinda.

Marmer termasuk material kuat sehingga bisa dipotong secara manual tanpa mesin. Pada material kayu, pemotongan dapat dilakukan dengan menggunakan gergaji mesin. Dibandingkan dengan menggunakan mesin otomatis pemotongan marmer dan kayu memiliki kesulitan yang lebih banyak.

Untuk memberi kesan halus pada bekas potongan material kayu dan marmer dapat menggunakan gerinda. Dan dilakukan satu persatu, hal ini cukup memakan waktu karena vandel yang dibuat mungkin tidak hanya berjumlah satuan.

Pemilihan material mulai bisa mempengaruhi metode pemotongan yang dilakukan dalam pembuatan vandel.

Desain model vandel juga mempengaruhi kesulitan pemotongan vandel, sehingga pembuat vandel harus menguasai ragam bentuk desain vandel.

Pada bagian pemotongan, vandel berbahan akrilik juga dapat langsung menuliskan desain vandelnya dengan menggunakan mesin. Sehingga hasil vandel nantinya akan memiliki tulisan yang sama. Step pemotongan vandel akrilik memang bisa dibarengkan dengan menuliskan tulisan dan gambar.

Hal ini tentu berbeda dengan material kayu dan marmer dimana cara menuliskannya memang menggunakan computer namun hasilnya akan di print out.

– Pembuatan Efek

Prosedur ini biasanya hanya digunakan untuk membuat vandel kayu, kayu yang telah dipotong tentu tidak akan langsung dipasang desain. Karena akan terkesan monoton. Kecuali apabila konsumen menginginkan model yang demikian.

Untuk mendapat efek yang menarik, pembuat vandel bisa membrikan efek terbakar dengan membakar bagian terluar vandel. Pembakaran dilakukan dengan api kecil yang berasal dari alat semprot yang dihubungkan dengan spirtus. Pembakaran juga dilakukan agar efek kayu lebih nampak, aktivitas ini dilakuka satu-persatu pada setiap vandel kayu yang dibuat. Karena langkah ini pembuatan vandel kayu tentu akan memakan waktu lebih banyak dibanding dengan vandel lainnya.

– Penyatuan Berbagai Komponen Vandel dan Lainnya

Pada vandel akrilik, tidak perlu menggunakan metode penyatuan komponen karena baik isi maupun gambar telah dicetak secara otomatis menggunakan mesin, sehingga dapat mempercepat pembuatan vandel.

Pada vandel kayu dan marmer, terdapat langkah untuk menyatukan bagian vandel dengan template tulisan yang telah didesain sebelumnya. Desain tulisan yang selesai di print out dan disesuaikan dengan model vandel akan ditempelkan dan diberi lem perekat.

Setelah merekatkan komponen desain, pembuat vandel dapat menempelkan tatakan dengan bagian vandel. Tatakan berfungsi agar vandel dapat berdiri, sehingga dapat diletakkan diatas meja. Pemasangan tatakan berlangsung pada seluruh jenis material vandel mulai dari akrilik, kayu dan marmer.

– Finishing

Menjadi langkah terakhir yang dilakukan dalam pembuatan vandel. Langkah ini ditujukan untuk memastikan tidak terdapat kesalahan pada vandel yang dibuat, selain itu juga memastikan tidak ada sisa kotoran sisa yang dapat merusak atau mengganggu tampilan vandel.

Finishing bisa menjadi langkah paling akhir sebelum menyerahkan vandel kepada pihak pemesan. Setelah finishinh dilakukan pembuat dapat menghubungi pemesan untuk menginformasikan bahwa vandel yang dipesan telah selesai dibuat.

Pembuatan vandel merupakan ide usaha yang cukup menjanjikan, namun dalam merintisnya diperlukan kemampuan mulai dari pemilihan barang, pembuat desain, memotong bahan, pembuatan efek dan finishing.

Berbagai contoh vandel tersedia dalam web pencarian dan dapat dijadikan sebagai referensi membuat berbagai model vandel, selain gambar juga tersedia video pembuatan vandel yang bisa diakses untuk melihat cara pembuatan vandel oleh professional.

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?