Mengenal Bahan Tropical dan Katun Untuk Baju Kemeja Kantor

Photo by Mohamad Khosravi on Unsplash

Mengenal Bahan Tropical dan Katun Untuk Baju Kemeja Kantor

Untuk membuat kemeja kantor atau kemeja untuk bekerja, kita harus pandai-pandai dalam memilih bahan. Sebab akan berpengaruh terhadap kenyamanan saat bekerja. Maka dari itu masing-masing perusahaan yang pasti memiliki seragam kantor yang dipakai setiap harinya untuk menunjang lingkungan kerja yang kondusif.

Tentunya bahan yang digunakan sudah diperhitungkan agar kenyamanan kerja tidak dipertanyakan kembali. Bayangkan saja saat bekerja di luar ruangan namun kemeja yang kita pakai terbuat dari bahan yang cenderung panas, tentu kita tidak akan nyaman dan selalu merasa gerah. Oleh karena itu memilih bahan saat akan membuat kemeja kantor adalah hal yang harus diperhatikan.

Dalam membuat kemeja kantor ada banyak sekali bahan kain yang bisa digunakan. Contohnya yang paling umum dipakai yaitu bahan dril, seperti American Drill, Japan Drill, dan Nagata Drill. Ketiga jenis kain drill tersebut memiliki kelebihannya masing-masing yang sesuai dengan harganya. Namun ternyata untuk membuat kemeja kantor tidak hanya bahan itu saja yang dipakai, masih ada bahan Tropical dan Katun yang tidak kalah bagusnya.

Bagi sebagian orang jenis kain Tropical dan Katun mungkin sudah tidak asing lagi. Kedua bahan tersebut sama-sama memiliki kualitas yang bagus dan tidak kalah terkenalnya. Maka dari itu banyak juga perusahaan yang memilih kedua kain ini untuk dijadikan seragam di kantornya. Lalu apakah kelebihan dan kekurangan dari bahan Tropical dan Katun? Dibawah ini akan kita bahas keduanya, yuk simak!

Bahan Tropical Untuk Kemeja Kantor

Bahan Tropical merupakan jenis kain yang sangat nyaman saat dipakai. Memiliki serat tenun yang tidak kasar dan terbuat dari bahan katun.  Kain ini juga memiliki kelenturan yang sangat baik, sangat cocok sekali digunakan untuk kemeja seragam kantor. Akan mendukung di semua aktivitas dengan jaminan rasa nyaman yang sangat maksimal.

  • Kelebihan Bahan Tropical

Kelebihan kain Tropical yang pertama yaitu terletak pada ketahanan warnanya. Warna yang ada pada kain Tropical sangatlah awet, meskipun sudah dicuci dan dijemur berkali-kali, sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu kain Tropical banyak dipakai untuk kemeja kantor, karena sudah tidak diragukan lagi keawetannya.

Tak hanya itu, kelebihan lainnya yang dimiliki oleh kain Tropical yaitu kain Tropical memiliki tingkat ketebalan yang baik. Ukuran ketebalan kain ini terbilang cukup tepat sehingga nyaman saat digunakan. Namun meskipun terbilang tebal, kemeja kantor yang menggunakan bahan ini akan tetap terasa dingin saat dipakai. Yang paling penting yaitu kain Tropical tidak mudah kusut, sehingga bagi anda yang memakainya akan rapi sepanjang waktu.

  • Kekurangan Bahan Tropical

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun tanpa dipungkiri bahan Tropical juga memiliki beberapa kekurangan. Sebab banyak sekali diminati oleh para konveksi seragam kerja. Kain Tropical memiliki harga yang lebih mahal dibanding kain yang lain. Sebetulnya bila disesuaikan dengan kualitas dan beberapa keunggulan yang diberikan harga yang ditawarkan  tetap untung bila dibayarkan. Mahal membayar diawal namun baju bisa dipakai selama bertahun-tahun.

Bahan Katun Untuk Kemeja Kantor

Katun merupakan jenis kain yang berasal dari bahan-bahan serat alami tumbuhan kapas yang memiliki nama latin “gossypium”. Bahan katun memiliki jenis yang bermacam-macam. Namun meskipun berasal dari bahan dasar yang sama tetapi kain katun memiliki perbedaan antara satu dengan yang lain. Bahan katun juga ternyata bisa dibuat menjadi kemeja atau seragam kantor. Berikut ini adalah jenis-jenis katun dan karakteristiknya untuk seragam kantor:

  • Katun Jepang

Jenis Katun Jepang ini memiliki ciri khas warna yang tidak mengkilap dan memiliki tekstur yang lembut sehingga akan nyaman saat dipakai. Selain dibuat baju kemeja, Katun Jepang juga sering ditemui untuk dibuat blouse atau kaos. Bahan ini juga memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dengan baik.

  • Katun Cina

Katun Cina jika dilihat secara sekilas hampir mirip dengan Katun Jepang. Memiliki serat yang tidak terlalu tebal dan biasanya sering ditemukan pada sprei dan sarung bantal. Pada pakaian, jenis katun ini juga sering di pakai pada baju kemeja dan blouse. Kekurangan yang dimikinya yaitu tidak awet saat sudah mengalami cuci dan pakai dalam waktu yang lama.

  • Katun Bangkok

Katun Bangkok memiliki tekstur yang lebih kasar dibanding jenis katun yang lain. Sangat cocok jika dibuat seragam kantor seperti kemeja, dan juga seringkali ditemui pada kaos T-shirt dan mukena. Bahan Katun Bangkok ini sangat mudah menyerap keringat sehingga sangat nyaman dipakai. Namun untuk warna-warna tertentu pemakaiannya perlu untuk ditambah furing sebab terlihat transparan.

  • Katun Minyak

Bahan Katun Minyak ini memiliki warna yang cukup mengkilap selain itu juga bahannya cenderung mudah menipis, sehingga pada perawatannya memerlukan kehati-hatian. Seperti saat mencuci harus berhati-hati sebab seratnya tipis dan agar warnanya tidak mudah berubah. Sangat cocok dibuat gaun ataupun gamis dan juga kemeja kantor wanita. Bahannya tidak mudah kusut dan mudah menyerap keringat sehingga akan nyaman dipakai.

  • Katun Paris

Katun Paris memiliki dua jenis yaitu Katun Paris bermotif dan Katun Paris polos. Kedua jenis ini memiliki harga yang berbeda-beda, harga dari katun paris bermotif lebih mahal dibandingkan yang polos. Untuk yang bermotif juga memiliki serat kain yang lebih tebal dan juga kemampuan menyerap keringat yang bagus dari yang polos. Seringkali digunakan sebagai hijab, pashmina, ataupun blouse. Untuk model kemeja perusahaan, motif dan warna bisa ditentukan oleh perusahaan yang bersangkutan.

  • Katun Silk Sutra

Katun Silk Sutra juga sering disebut dengan semi sutra. Memiliki tekstur lembut, licin dan adem saat dipakai. Sehingga untuk dibuat sebagai kemeja kantor sangat cocok sekali sebab akan nyaman dipakai seharian. Untuk dibuat sebagai gaun malam juga sangat bagus namun tetap saja harus dirawat dengan baik agar bisa digunakan dalam waktu yang lama.

  • Katun Rayon

Katun Rayon bila dilihat secara sekilas akan terlihat seperti kain sutra. Memiliki khas dingin dipakai dan memiliki permukaan yang licin. Katun rayon seringkali ditemukan pada underware perempuan dan juga blouse. Bahan ini juga sangat mudah menyerap keringat dan tidak cepat kusut sehingga akan nyaman dipakai seharian. Akan tetapi harus dirawat dengan baik agar warna tidak mudah memudar.

  • Katun Toyobo

Katun Toyobo memiliki tekstur yang halus dan tidak kaku, sehingga bisa dijadikan bahan hijab atau pashmina. Akan tetapi bila dijadikan sebuah baju, bahan ini akan membentuk atau mengikuti lekuk tubuh. Dapat menyerap keringan dengan baik, sehingga akan nyaman saat dipakai.

Nah itulah ulasan dari bahan tropical dan katun beserta jenis-jenisnya yang cocok untuk dibuat kemeja kantor, seragam perusahaan, atau kemeja kerja lainnya. Semoga bisa menjadi referensi untuk anda yang sedang mencari bahan kain yang cocok untuk kemeja anda.

Semoga ulasan ini bermanfaat!

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?