Mau Buat Baju Kemeja? Ini dia, Rekomendasi Bahan yang Adem dan Nyaman Dipakai

Hallo guys! Siapa sih yang nggak punya kemeja? Pastinya semua orang memiliki pakaian yang satu ini. Karena sangat cocok dipakai untuk kegiatan formal ataupun non formal. Kemeja juga sangat banyak dijadikan sebagai seragam baik sebuah instansi perusahaan atau organisasi. Selain nampak stylish, kemeja juga nyaman dipakai seharian. Model dan jenis kain yang dipakai untuk kemeja juga saat ini semakin bervariasi mengikuti perkembangan zaman.

Bagi kamu yang suka sekali memakai kemeja untuk pergi hangout maupun  pergi ke kantor sebaiknya wajib tahu jenis kain yang nyaman dipakai untuk bahan kemeja. Karena bakalan nggak nyaman saat baru memakai kemeja selama beberapa menit namun sudah keringetan. Yuk simak ulasan tentang bahan baju kemeja yang adem dan nyaman dipakai dibawah ini!

  1.  Kain Katun

Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis kain yang satu ini. Kain katun merupakan jenis kain yang sangat populer di Indonesia. Katun terbuat dari serat kapas yang memiliki komposisi berbeda-beda pada tiap jenisnya. Katun terkenal dengan kelebihannya dalam menyerap keringat, selain itu katun juga sangat nyaman di kulit. Selain menjadi bahan kemeja, katun juga terkenal menjadi bahan untuk membuat kaos.

Ternyata katun memiliki banyak jenisnya lo, penasaran? Ini dia!

  • Katun Jepang

Katun Jepang terbuat dari 90%-100% kapas. Katun Jepang termasuk memiliki kualitas yang premium. Oleh sebab itu dipasaran Katun Jepang memiliki harga yang relatif mahal. Namun jangan khawatir, sebab harga mahal tersebut sebanding dengan kualitasnya, memiliki warna yang glossy, cerah, dan menyerap keringat dengan sangat baik.

  • Katun Linen

Katun Linen terbuat dari campuran antara kapas dan serat pohon rami. Proses pembuatannya terbilang rumit, oleh sebab itu harga yang ditawarkan juga lumayan mahal. Tak hanya menyerap keringat, katun linen juga akan terasa dingin dikulit saat dipakai.

  • Katun Toyobo

Katun Toyobo hampir mirip dengan Katun Jepang, namun tetap saja keduanya memiliki perbedaan. Katun Toyobo lebih glossy dan lebih jatuh dibanding dengan Katun Jepang. Akan tetapi dari teksturnya Katun Toyobo lebih kaku dan tebal dari pada Katun Jepang. Secara kualitas Katun Toyobo lebih unggul dari pada jenis katun yang lain. Kelebihan lain dari kain ini yaitu ringan dipakai dan memiliki serat yang rapat jadi tidak menerawang saat dipakai.

  • Katun Inma

Katun Inma terbuat dari spun poly jadi tidak 100% dari katun. Jika dibandingkan dengan Katun Toyobo, jenis katun ini tidak terlalu terlihat glossy. Selain dibuat menjadi kemeja, Katun Inma juga cocok dibuat gamis karena bahannya tidak menerawang, dingin dan lemas saat dipakai. Kekurangannya yaitu kain ini tidak mudah menyerap keringat namun tetap nyaman saat dipakai.

  • Katun Silk

Katun Silk terbuat dari serat sutra, maka dari itu kain ini memiliki kualitas premium yang bisa dilihat dari bahannya yang licin, ringan dan halus. Sangat cocok bila dibuat kemeja, karena akan menampilkan kesan yang mewah dan terlihat mengkilap. Dengan kualitasnya yang premium ini harga Katun Silk tergolong mahal.

  1. Kain Oxford

Kain oxford adalah jenis kain yang memiliki susunan 60% katun dan 40% polyester. Penggunaan kain ini sering kali ditemukan pada kemeja seragam sekolah, seragam organisasi, dan juga seragam kantor. Jika dilihat secara dekat kain oxford memiliki tampilan piksel, terlihat seperti kotak-kotak kecil. Kemeja yang dibuat dengan bahan ini akan terlihat lebih casual dan formal. Keunggulan lain dari kain ini yaitu terasa adem dan lembut dikulit saat dipakai. Kain ini juga tebal sehingga tidak akan transparan saat dipakai.

  1. Kain Flanel

Saat ini semakin marak anak muda memakai kemeja dengan bahan flanel. Kain flanel terbuat dari wol yang diproses dengan pemanasan dan penguapan bukan dengan tenun. Oleh karena itu tekstur kain flanel sangat beragam tergantung dengan pembuatnya. Kain flanel memiliki ketebalan yang beragam mulai dari 2mm hingga 5mm. Kelebihan yang dimilikinya yaitu mudah sekali dibentuk bahkan untuk ukuran yang kecil sekalipun.

  1. Kain Drill

Kain drill adalah jenis kain yang umum digunakan untuk membuat kemeja, mulai dari kemeja seragam kantor atau perusahaan, seragam sekolah, seragam organisasi dan lain sebagainya. Kelebihan dari kain ini yaitu, bahannya yang adem, menyerap keringat, awet, dan kuat. Terdapat 3 jenis kain drill berdasarkan ketebalannya, yaitu:

  • American Drill

American drill memiliki ukuran serat medium, dan terbuat dari campuran antara katun dan polyester. Kain ini banyak dijadikan pilihan pembuatan kemeja terutama PDL, seragam perusahaan, pertambangan dan lainnya sebab bahannya kuat dan tidak mudah sobek.

  • Twist Drill

Jenis kain drill yang ini memiliki ukuran serat yang kecil. Sifatnya bahannya lembut akan tetapi kurang baik dalam menyerap keringat. Sehingga akan mudah gerah saat dipakai, namun kain memiliki karakteristik yang kuat dan awet.

  • Japan Drill

Japan Drill memiliki ukuran serat pintalan yang besar dibandingkan 2 jenis kain drill sebelumnya. Maka dari itu kain ini sangat kuat dan lebih tebal serta menyerap keringat dengan baik. Tak hanya itu, kain ini juga terasa lembut dan adem saat dipakai.

  1. Kain Akrilik

Jenis kain ini terbuat dari serat polimer sintetik yang asalnya dari minyak bumi. Dalam perawatannya kain ini tidak bisa disetrika dengan suhu yang tinggi sebab sangat peka terhadap panas. Kemeja yang terbuat dari bahan ini akan cocok bila dipakai di cuaca yang dingin, sebab akan terasa hangat saat dipakai. Memiliki karakteristik yang kuat dan tahan lama sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Itu dia beberapa jenis kain yang bisa kalian jadikan referensi saat akan membuat kemeja. Semoga membantu!

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?