Kemaja Bordir

Photo by Agto Nugroho on Unsplash

Mungkin kalian para pembaca sering melihat para pegawai kantoran selalu melihat dengan memakai kemeja yang mana dibuat secara khusus yang mana itu adalah pesanan dari kantor untuk tanda para karyawan kantor itu membedakan dengan yang lain.

Nah dimana saat membuat kemeja kantor itu sendiri selain dengan mementikan bahan yang bagus, sebagai penjahit kita juga harus mementingkan dari segi desain yang mana bukan hanya persoalan look atau warna saja karena terkadang kita juga ingin membubuhkan sablon atau border khususnya untuk logo sebuah perusahaan sebagai bagian dari branding yang akan di pakai di kemeja atau baju kantor.

Memang benar sebuah branding akan terlihat bagus jika di desain dengan bagus di sebuah baju karena apalagi tujuan dari menggunakan seragam kalau bukan untuk menampilkan sebuah identitas perusahaan, betul kan. Tapi persoalan desain atau aksesoris yang mana tambahan pada kemeja kantor ada dua pilihan yang umum yang bisa saja anda pilih, seperti antara harus dibordir atau di sablon, lalu apakah dari keduanya itu ada perbedaan seperti apa sablon dan seperti apa border, nah pada kesempatan kali ini mari kita bahas perbedaan dari sablon dan border itu sendiri.

Ini lah yang membedakan antara border dan sablon itu sendiri :

Tapi sebelum kita bahas untuk perbedaannya sendiri kita terlebih dahulu harus mengetahui ap aitu border dan ap aitu sablon sendiri yang mana dari pengertinnya juga sudah memiliki hal yang berbeda. Untuk border sendiri adalah pengaplikasian rajutan dari sebuah kain untuk bisa membentuk sebuah pola tertentu seperti log yang di lakukan pada kain, border sendiri juga bisa dilakukan dengan 2 cara yang mana seperti di bawah ini :

1. Bordir manual

Yang mana border dengan car aini adalah dengan menggunakan tangan manusia yang terlibat baik dengan cara di sulam sendiri atau bisa menggunakan mesin border yang masih manual dan pengerjaannya sendiri memang membutuhkan waktu yang agak lama.

2. Bordir computer

Untuk border computer sendiri yaitu dengan menggunakan kmputer yang sudah di desain menggunakan computer khusus yang dengan cara kedua ini sudah cara digital dan terkomputerisasi sehingga bisa menghasilkan kualitas yang bagus dan untuk pengerjaannya juga akan sangat cepat.

Untuk sablon sendiri merupakan salah satu cara atau proses yang dimana pada prosesnya tidak dirajut atau dijait melainkan menggunakan tinta yang mana itu akan di cetak pada kain, dan untuk pola gambar ini akan dimasukan ke dalam printing screen yang dituang ke atas kain, untuk jenisnya sendiri memiliki 3 cara yang bisa di baca di bawah ini :

3. Sablon Rubber

Yang mana jika menggunakan sablon dengan jenis pertama ini akan memiliki kerapatan yang sangat baik , cetakannya sendiri akan bisa lebih awet dan tentunya sangat lentur dan yang paling utama yaitu tidak akan cepat rusak atau gambar yang di cetak di kain tidak akan mudah hancur dan hilang hanya dengan cucian saja.

4. Sablon plastisol

Untuk jenis sablon yang kedua memiliki ketentuan yang hasilnya akan terlihat pada warna yang mana lebih cerah dengan hasil yang bisa lebih detail bahkan bisa sampai 20 warna dengan tekstur yang dikeluarkan juga akan lebih timbul.

5. Sablon discharge

Sedangkan untuk jenis yang ketiga ini yaitu akan menghasilkan sablon yang memiliki kualitas pada bagian yang akan menyatu pada kain, hasil juga tidak akan mudah rusak jika kita menyetrika kain yang kita sudah sablon dengan jenis ini dan tentunya pada hasilnya sendiri akan memiliki tekstur yang lebih halu dari dua jenis di atas.

Adapun beberapa keunggulan yang mana jika kita melakukan border pada sebuah kemeja kantor yang sering dilakukan yang mana ini juga bisa di lihat dari hasil yang ada pada karyawan yang selalu memakai kemeja kantor setiap hari saat bekerja.

Teknik border ini sering kita liat dan temukan sebagai aksesoris tambahan bagi kemeja kantor dan kemeja yang lain juga. Yang mana border jahitan pada kemeja umumnya adalah hal yang akan sangat awet dan tentunya sangat tahan lama karena kita melakukan jahitan yang berbeda dengan sablon dengan hanya cara di cetak. Untuk hasil dari proses bordir juga pada kemeja akan memiliki sebuah kerapatan dan detail yang sangat tinggi karena dalam pengerjaannya sendiri memang butuh ketelitian yang sangat tinggi dan dibutuhkan juga kesabaran. Teknik border pun akan cenderung awet dan tahan lama karena memang tidak memerlukan perawatan yang khusus, tapi pada beberapa kasus proses dengan border juga bisa membuat lebih ekonomis  dan juga memiliki keunggulan yang lain jika kita menyetrika kemeja yang dibordir tidak akan membuat hasilnya menjadi rusak. Dimana untuk prosesnya sendiri bisa dibilang bisa lebih cepat dan untuk kelemahannya sendiri adalah proses border tidak akan bagus jika untuk pakaian yang gampang melar dan tipis.

Sedangkan untuk Teknik sablon sendiri jarang kita lihat memang untuk kemeja kantor yang dipakai sehari hari yang mana biasanya Teknik ini terdapat pada kaos seperti kaos olahraga. Adapun keuntungan yang didapatkan jika menyablon kemeja menggunakan sebuah Teknik sablon yang dimana bisa menjadi ekonomis dan tentunya dengan harga yang lebih murah. Untuk pembuatannya sendiri bisa dibilang cepat karena memang dapat diproduksi secara massal yang berbeda degan Teknik border dengan melalui rotary printing.

Ada juga memang Teknik printing yang mana bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Teknik sablon akan sangat bagus tampilannya jika pada pakaian yang gampang melar seperti kaos dan dapat juga untuk mencetak pola dengan ukuran yang besar. Tapi sayangnya memang ada kekurangan yang mana biasanya Teknik sablon sendiri adalah kurang nya awet karena bisa melar dan bisa cepat rusak saat sedang disetrika. Untuk cara pencuciannya sendiri juga memang harus hati-hati harus juga dengan intruksi dan tak hanya itu juga Teknik sablon juga hanya menggunakan satu warna tinta.

Jika kita diharuskan memilih mana yang terbaik untuk melakukan proses pemasangan logo pada sebuah kemeja tentunya kita lebih baik menggunakan Teknik border yang mana itu bisa membuat logo atau bran sebuah perusahaan pada kemeja bisa sangat awet karena pemasangannya sendiri di jahit bukan di cetak maka dari itu pilihlah Teknik border yang mana akan sangat tahan lama dan awet.

Tapi jika kalian hanya ingin memasang logo pada kaos atau pada pakaian yang tipis alangkah baiknya kalian menggunakan Teknik sablon yang mana itu lebih cepat dan tentunya dengan harga yang relative lebih murah dan bisa diproduksi dengan sangat cepat sekaligus banyak.

Itulah penjelasan kenapa kita harus menggunakan Teknik border daripada sablon untuk kemeja. Semoga artikel ini bisa membantu kalian semua.

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?