Kelebihan dan Kekurangan Kemeja Lapangan Berbahan Ripstop

Sesuai dengan namanya kemeja lapangan atau yang biasa disebut dengan Pakaian Dinas Lapangan merupakan jenis pakaian yang dipakai saat beraktivitas di luar ruangan yang biasanya dengan medan berat. Oleh sebab itu jenis pakaian ini di desain sedemikian rupa dengan mengutamakan kenyamanan para pemaikainya untuk melakukan tugas-tugas di lapangan atau luar kantor.

Kemeja lapangan atau PDL memiliki ciri-ciri khusus, diantaranya:

  • Memiliki kain yang kuat dan tebal
  • Memiliki kantong
  • Terdapat ventilasi di belakang baju
  • Terdapat skoder atau lencana di bagian pundak
  • Terdapat tali pengait pada bagian lengan
  • Bisa dikombinasikan dengan batik atau kain lainnya

Pada pakaian dinas lapangan sebuah perusahaan atau instansi pemerintahan tertentu pasti mencantumkan logo atau nama instansinya. PDL ini menjadi sebuah pakaian sekaligus identitas bagi seorang karyawa, anggota atau pekerja yang dilengkapi dengan celana dan berbagai atributnya.

Kemeja lapangan atau PDL tentunya di desain dengan tidak sembarangan, contohnya saja harus menggunakan bahan yang sesuai dengan kondisi lapangan. Jadi bahan kain yang dipakai haruslah menyerap keringat dan dingin saat kemeja digunakan. Bahan kain yang sering dipakai untuk membuat kemeja lapangan yaitu salah satunya adalah bahan Ripstop.

Bahan Ripstop adalah contoh bahan yang umum untuk membuat kemeja outdoor. Memiliki serat bahan kotak-kotak, sangat kuat dan cocok untuk dibuat pakaian hiking atau kegiatan outdoor yang lain. Nah, dibawah ini akan dibahas lebih lanjut tentang bahan Ripstop. Mari kita simak ulasan berikut ini!

Mengenal Bahan Ripstop

Tak sedikit orang mengenal bahan ripstop sebab penggunaannya sering terlihat pada seragam tentara, peralatan naik gunung seperti tenda dan tas. Memiliki bahan yang sulit menyerap air sehingga kain ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan di luar ruangan, misalnya saja mendaki gunung atau menjelajahi hutan. Pakaian yang menggunakan bahan ini akan dapat melindungi tubuh dari gesekan atau luka kecil yang disebabkan terkena duri tanaman.

Bahan ripstop memiliki ciri khas kain yang tebal, seperti memiliki lapisan plastik, berserat padat dan kuat. Kain ini merupakan hasil perpaduan antara bahan nylon, polyester dan sutra. Sehingga membuat kain ini tidak mudah menyerap air, tidak mudah sobek bahkan ketika anda pakai untuk di alam bebas. Maka dari itu sangat wajar sekali bila kain ini banyak digunakan untuk seragam tentara.

Tak hanya itu, meskipun terkesan tebal dan juga berat akan tetapi bila disentuh akan terasa halus dan lembut. Hal tersebut dikarenakan kain ripstop memiliki kandungan sutra sehingga kain ini lebih lentur meskipun tebal dan tahan air. Maka dari itu kain ripstop cocok untuk dipakai kegiatan di luar ruangan.

Kelebihan Bahan Ripstop

Selain beberapa kelebihan yang sudah dijelaskan diatas, terdapat beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh bahan ripstop, diataranya sebagai berikut:

  1. Ringan

Meskipun memiliki ciri khas kuat dan tebal, namun kain ripstop ini akan terasa ringan saat dipakai. Sekalipun pakaian yang memakai bahan ini digunakan untuk kegiatan outdoor. Tetap saja akan terasa nyaman dan ringan saat dipakai. Meskipun tebal, tetapi memakai pakaian dari bahan ini tidak akan membatasi anda dalam bergerak. Khususnya saat berada di hutan atau bekerja di lapangan.

  • Kuat

Kain ripstop menggunakan serat nilon asli dan juga dipadukan dengan serat sutra dan polyester yang ditenun dengan kerapatan benang yang sangat baik. Membuat kain ini memiliki tekstur padat dan cukup kuat. Dalam pembuatan kain ini juga memiliki aturan yang khusus dan dijadikan standarisasi agar bisa menghasilkan kain yang sempurna sebagai bahan kain ripstop.

  • Tahan Terhadap Air

Keunggulan lain yang dimiliki oleh kain ini adalah tahan terhadap air, jadi saat anda sedang bekerja di luar ruangan dan cuaca sedang hujan anda tidak khawatir akan basah. Kain ini cukup efektif melindungi tubuh dari basah. Hal ini disebabkan karena terdapat kandungan nilon, dimana serat nilon seperti serat plastik yang tidak mudah menyerap air.

  • Tidak Mudah Sobek/Tahan Terhadap Benda Tajam

Memiliki tekstur yang sangat kuat, sehingga kemeja lapangan yang memakai bahan ini tidak akan mudah sobek meskipun terkena benda-benda tajam. Meskipun kain ripstop sobek, tidak akan mudah melebar sobekannya sebab tekstur padat dan kuat yang dimilikinya. Maka dari itu kain ripstop cocok sekali dipilih menjadi kemeja lapangan sebab bisa melindungi tubuh dari luka yang disebabkan benda-benda tajam.

  • Sulit Menyerap Panas

Meskipun memiliki karakteristik kuat, padat, sulit menyerap air, dan terkesan kasar namun kain ripstop tidak mudah menyerap panas. Sehingga anda tidak akan merasa kegerahan meskipun berada dilapangan dengan cuaca panas. Hal ini disebabkan karena terdapat kandungan sutra didalamnya, jadi untuk soal kenyamanan tidak perlu lagi diragukan lagi.

Kekurangan Bahan Ripstop

Selain memiliki banyak kelebihan, bahan ripstop juga tentunya memiliki beberapa kekurangan diantaranya yaitu selain ripstop yang terdapat kandungan katun memiliki sirkulasi udara yang kurang baik, tidak ramah lingkungan sebab setelah menjadi limbah bahan akan susah terurai, kurang tahan terhadap sinar matahari, ripstop yang berwarna putih lama-lama bisa berubah menjadi kekuning-kuningan.

Itulah ulasan mengenai kemeja lapangan yang berbahan ripstop. Tentu saja kain ripstop sangatlah cocok dijadikan kemeja lapangan atau PDL, hal ini karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya sangat mendukung pemakaiannya yang memang di luar ruangan. Jadi tidak perlu diragukan lagi soal kenyamanannya.

Semoga bermanfaat dan bisa membantu!

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?