Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga tersebut. Jersey atau juga seragam sepak bola didesain khusus agar nyaman digunakan pada saat berolahraga.  Jersey bukan hanya semata-mata sebagai identitas antar club namun juga sebagai  pakaian wajib saat hendak bermain sepak bola terutama pada event turnamen atau pertandingan resmi.

Sejarah kemunculan jersey diperkirakan muncul pada 1891, hal ini dipengaruhi oleh adanya peraturan baru mengenai kewajiban memiliki dan menggunakan jersey oleh Federasi Sepak Bola Inggris atau yang dikenal dengan sebutan FA. FA menyatakan bahwa jersey berguna sebagai identitas tim yang bertanding.

Pemilihan kain dalam pembuatan jersey tidak serta merta saja, harus ada beberapa kualifikasi yang terpenuhi karena jersey digunakan untuk aktivitas olahraga. Dahulu jersey dibuat dari bahan wol, padahal wol adalah bahan yang berat dan membuat pengguna kesulitan bergerak serta perasaan tidak nyaman.

Pada sekitar awal abad 19 jersey mulai menggunakan bahan katun untuk pembuatannya. Bahan katun dianggap lebih cocok untuk pakaian olahraga disbanding wol. Ketika itu desain jersey masih menggunakan tambahan kerah.  Berbarengan dengan itu pula terdapat tambahan penggunaan nomor punggung untuk setiap jersey yang digunakan.

Perkembangan jersey tidak berhenti disitu saja. Pada 1950 jersey mulai dibuat dengan menggunakan bahan sintetis. Disisi lain juga muncul aturan baru mengenai tambahan atribut eblem logo. Pada masa itu pula desain jersey tidak lagi menggunakan kerah namun mulai menggunakan tipe kerah V yang lebih cocok untuk pakaian olahraga.

Pada sekitar tahun 1970 hingga 1990an muncul peraturan baru mengenai penambahan logo sponsor  dan penyantuman nomor setiap pemain di bagian atas dada. Perkembangan jersey tidak pernah berhenti hingga saat ini. Penggunaan bahan dan penambahan atau perbaikan letak berbagai atribut masig terjadi.

Saat ini untuk pembuatan jersey bahan dry fit lebih banyak dipilih mengingat olahraga menjadi salah satu jenis aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat dan bahan dry fit sangat ampuh membantu menyerap keringat dan menguapkannya karena memiliki pori-pori besar.  Bahan dry fit juga nyaman digunakan pada saat olahraga karena lembut, ringan dan cepat kering.

Jersey sebetulnya bukan hanya dibuat untuk satu jenis olahaga saja, saat ini penggunaan jersey dilakukan untuk setiap jenis olahraga mulai dari tenis, basket, voly, futsal dan masih banyak lagi. Jersey menjadi salah satu atribut wajib saat beraktivitas di luar ruangan terutama berolahraga.

Jika kamu adalah seorang pemain olahraga, kamu pasti sudah sering menggunakan jersey ketika sedang beraktivitas. Jika kamu pemain futsal, jersey futsal yang keren tentu menjadi pertimbangan selain bahan dan model yang digunakan. Jahitan yang rapi dan desain yang bagus juga bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk menggunakan jersey apalagi jika hendak bertanding.

Kenyamanan dalam berolahraga adalah salah satu point penting saat hendak memilih jersey. Aktivitas yang berkaitan erat dengan gerak fisik membutuhkan pakaian yang nyaman pada saat digunakan untuk itu perlu memperhatikan bahan dan desain yang digunakan.

Beberapa bahan dry fit di bawah ini dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan saat hendak memesan atau membeli jersey futsal keren.

  • Dry Fit Grade Ori

Bahan dry fit mulai popular setelah diperkenakan oleh brand atribut olahraga terbesar dunia, Nike. Bahan dry fit jenis ini memiliki harga yang cukup mahal, namun ha itu berbanding lurus dengan kualitasnya yang premium .

Bahan dry fit ini sangat cocok untuk pembuatan jersey karena daya memiliki pori-pori besar sehingga memiliki daya serap keringat yang sangat baik. Karena memiliki pori-pori besar pemakai jersey juga akan nyaman karena bahan ini sangat cepat menyerap keringat dan memberikan ruang yang cukup untuk membantu penyesuaian suhu.

Dry fit grade ori adalah bahan yang terbuat dari kombinasi nilon, polyster dan spandex. Bahan-bahan tersebut dipilih karena sangat sesuai untuk pembuatan pakaian olahraga. Bahan ini termasuk yang paling banyak disukai.

  • Dry Fit Grade Lokal

Perbedaan dry fit grade ori dan grade local terletak pada kompisi bahan polyster yang terkandung didalamnya. Pada bahan dry fit local penggunaan polyster memang lebih tinggi dibanding dry fit grade ori. Meski begitu bahan ini masih cocok dan sesuai untuk dijadikan bahan jersey karena nyaman dikulit.

Dry fit local juga memiliki pori-pori dan cepat menyerap keringat. Dibanding dry fit grade ori tentu saja yang local memiliki harga yang lebih murah.

  • Dry Fit Jarum

Jenis bahan ini disebut demikian karena memiliki lubang kecil pada tiap helainya. Dry fit jarum memiliki daya serap yang sangat baik pada saat proses printing, selain itu bahan ini sangat nyaman digunakan karena memiliki elastisitas yang baik.

  • Dry Fit Milano

Jenis dry fit yang ini juga tak kalah sesuai untuk pembuatan jersey futsal. Tekstur zig zag pada material ini mampu memberikan sirkulasi udara yang baik sehingga mampu mengurangi panas tubuh pada saat berolahraga. Tekstur kainnya juga sangat baik dalam menyerap hasil printing.

Selain dry fit terdapat material lain yang cocok jika hendak dibuat jersey. Diantaranya bahan paragon. Bahan paragon memiliki berat yang lebih disbanding dengan dry fit. Namun penggunaan bahan paragon untuk jersey masih tergolong nyaman. Hal ini dipengaruhi factor tektur kain yang lentur dan halus.

Hanya saja kain paragon tidak memiliki pori-pori udara sehingga panas tidak dapat diuapkan dan terkadang membuat pemakainya merasa gerah.

Selain paragon material lain yang dapat digunakan untuk membuat jersey adalah wafer. Wafer merupakan sebutan untuk kain yang bertektur mirip wafer. Kain wafer memiliki pori-pori sehingga mampu menjaga sirkulasi udara. Menggunakan wafer untuk membauat jersey sangat cocok karena memiliki tektur lembut dan cukup lentur sehingga nyaman digunakan untuk berolahraga.

Bahan hyget salur juga menjadi bahan yang cocok untuk pembuatan jersey. Hyget salur memiliki karakteristik yang mudah menyerap keringat sehingga tidak akan mengganggu aktivitas olahraga yang sedang kamu lakukan. Memiliki struktur padat, rapi serta tidak mudah kusut membuat banyak orang yang memilih untuk mneggunakan bahan ini ketika hendak memesan jersey.

Bahan lain yang dapat menjadi opsi pada saat hendak membeli atau memesan jersey adalah serena. Bahan ini memiliki tekstur padat dan lembut pada saat digunakan sehingga cocok untuk pembuatan jersey.

Jersey adalah atribut olahraga yang memiliki kedudukan cukup penting dalam aktivitas olahraga. Jersey telah melewati sejarah panjang hingga saat ini. Untuk membuat jersey futsal keren dan nyaman perlu pertimbangan dalam pemilihan bahan, desain serta model. Untuk itu bahan-bahan diatas bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum memutuskan membeli atau memesan jersey.

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?