Jas Almamater: Pengertian dan Fungsinya Yang Wajib Kamu Tahu!

Jas almamater tentunya pakaian yang tidak asing bagi kamu mahasiswa. Ketika kamu memasuki lingkungan kampus, pakaian dengan model baju resmi ini umum digunakan, utamanya pada acara-acara khusus di kampus. Jas ini memiliki fungsi sebagai baju seragam bagi mahasiswa. Penggunaan jas almamater kampus pastinya tidak wajib dipakai tiap hari.

MENGENAL APA ITU JAS ALMAMATER

Apakah kamu tahu jika warna pada jas almamater di setiap kampus berbeda? Misal saja seperti di Universitas Indonesia (UI), warna jas yang digunakan oleh mereka adalah kuning. Lain halnya kampus lain, warna jas almamater di Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah coklat muda. Berbeda lagi di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang memiliki warna biru tua. 

Nah, lantas bagaimana caranya agar kita bisa memiliki jas almamater? Untuk mendapatkan jas almamater, biasanya mahasiswa baru akan langsung memperolehnya dari kampus. Jas almamater biasanya sudah termasuk dalam paket awal ketika diterima saat penerimaan mahasiswa baru.

Bagi kamu yang akan menjadi mahasiswa, kamu tidak perlu bingung bagaimana cara mendapatkan jas almamater ini. Kamu tidak perlu menjahitnya sendiri karena pihak dari kampus pasti sudah menyediakannya siap pakai. Selain itu, karena tidak perlu dipakai setiap hari, kamu hanya memerlukan satu saja jas almamater selama kuliah.

BENTUK MODEL JAS ALMAMATER

Jika kita amati sekilas, model jas almamater tidak jauh berbeda dengan jas pada umumnya. Namun, tentu ada beberapa detail dari jas ini yang pasti menjadi pembeda dengan jas lainnya. Nah, apa saja detail pada jas almamater yang berfungsi untuk menunjukkan identitas kampus ini?

1. MEMAKAI BENTUK MODEL KERAH NOTCH LAPEL

Kerah pada jas almamater umumnya memakai pola notch lapel. Pada jenis pola ini, kerah bagian leher mempunyai potongan yang terpisah dengan bagian bawahnya. Jenis kerah model ini paling banyak digunakan pada blazer dengan model casual karena terkesan simpel.

2. UMUMNYA MEMILIKI TIGA SAKU

Jika kamu perhatikan, model jas almamater umumnya memiliki tiga saku, yaitu pada bagian kanan atau kiri atas, kiri bawah, serta kanan bawah. Saku bagian atas mempunyai bentuk saku vest yang bisa digunakan untuk memasukkan pulpen atau benda berukuran kecil. Dua saku bagian bawah lebih memiliki fungsi yang banyak karena ukurannya yang lebih besar. 

3. KANCING DIGUNAKAN SEBAGAI AKSESORIS

Layaknya jenis jas pada umumnya, kancing pada bagian depan jas hanya berjumlah dua atau tiga buah. Jumlah kancing ditentukan sesuai dengan model jas. Keberadaan kancing di bagian depan jas umumnya berfungsi sebagai aksesori dikarenakan jarang digunakan. Kancing lainnya berada di bagian ujung lengan baju.

4. SINGLE VENT PADA BAGIAN BELAKANG JAS

Jas almamater umumnya dilengkapi dengan belahan pada bagian belakang. Model belahan ini umumnya disebut sebagai single vent. Jas yang menggunakan single vent akan terasa lebih nyaman ketika digunakan karena pola jas yang ada di bagian belakang sudah dibuat sedemikian rupa agar pergerakan kamu lebih bebas. Tetapi ada juga model jas almamater yang tidak dilengkapi belahan belakang atau disebut no vent.

5. ADA LOGO KAMPUS

Bagian ini adalah detail yang paling penting yang harus ada pada jas almamater. Logo kampus umumnya dijahit bordir di bagian kiri atas jas. Ada juga yang menempatkan tepat pada bagian saku atas, tetapi ada pula yang lokasinya berbeda. Keberadaan logo kampus di jas almamater dimaksudkan agar orang awam akan mudah mengenali dari mana kampus mahasiswa tersebut berasal.

FUNGSI DARI JAS ALMAMATER

Setelah mahasiswa memperoleh jas almamater resmi dari kampus, kapan harus mengenakannya? Berikut ini adalah fungsi dari jas almamater:

DIPAKAI SAAT MASA ORIENTASI

Jas almamater wajib dipakai ketika baru masuk kuliah, yaitu pada acara penerimaan mahasiswa baru. Aturan ini biasanya diaplikasikan di berbagai kampus di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan kekompakan di antara mahasiswa baru. Selain itu, masing-masing dari mahasiswa baru juga bisa saling mengenal satu sama lain menggunakan jas almamater. 

DIPAKAI KETIKA ACARA KAMPUS RESMI

Jas almamater resmi kampus biasanya dipakai pada saat acara resmi yang dilaksanakan di kampus. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, fungsi jas ini ialah sebagai tanda pengenal atau identitas sekaligus seragam bagi mahasiswa. Acara resmi atau formal yang diadakan oleh kampus seperti seminar, pelatihan, atau upacara di hari tertentu. Oleh sebab itu, sebagai mahasiswa, diwajibkan memiliki dan menjaga jas kebangaan kampus sepanjang masa kuliah karena pasti akan selalu perlukan pada event tertentu bahkan ketika sidang skripsi pasti diwajibkan memakai jas almamater. 

DIPAKAI KETIKA MEWAKILI KAMPUS KE LUAR

Jas almamater biasanya digunakan saat mengikuti lomba, seminar atau acara lain yang membawa nama kampus. Apalagi, jika jas almamater kampus sudah menjadi ciri khas dengan warna tertentu yang cukup populer bagi masyarakat, misalnya warna kuning sebagai jas almamater kebanggaan mahasiswa UI. 

Tak hanya pada acara-acara insidental, jas almamater juga bisa selalu kamu pakai pada momen-momen penting seperti demonstrasi mahasiswa atau Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

Tetaplah jaga jas almamater kamu yang didapat ketika diterima di perguruan tinggi atau kampus kamu. Jas almamater akan sangat sering digunakan ketika acara formal maupun informal kamus. Walau tidak dipakai setiap hari namun keberadaannya penting karena dalam acara-acara penting kampus misalnya sidang skripsi kamu akan diwajibkan untuk mengenakannya.

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?