Bahan Kemeja Tropical : Kekurangan, Kelebihan dan Harga

Bahan Kemeja Tropical – Salah satu pakaian yang harus dimiliki oleh setiap orang adalah kemeja. Pakaian yang multifungsi ini dapat digunakan untuk segala keperluan mulai dari kegiatan formal hingga non-formal. Khusus di Indonesia yang merupakan salah satu negara yang banyak memproduksi tekstil, ada banyak bahan kemeja yang digunakan.

Salah satunya bahan kemeja tropical yang banyak digunakan oleh para konveksi untuk menciptakan sebuah kemeja dengan kualitas yang baik. Bahan kemeja ini banyak digunakan di indonesia karena mempunyai tingkat kenyamanan yang baik.

Penggunaan serat tenunan yang tidak kasar membuat bahan kemeja tropical mempunyai kelembutan yang pas dan tentunya nyaman digunakan. Selain itu ciri khas dari bahan ini mempunyai kelenturan yang baik.

Mengapa memilih bahan kemeja tropical?

Penggunaan bahan kemeja tropical sudah banyak digunakan di Indonesia. Para konveksi tidak sembarang memilih bahan yang nyaman untuk digunakan seharian, salah satu yang menjadi pilihan para konveksi adalah dengan menggunakan bahan tropical.

Lalu mengapa memilih bahan kemeja tropical daripada yang lain?

1. Bahan kemeja tropical adem saat digunakan

Bahan kemeja tropical mempunyai kenyamanan yang baik dan adem saat digunakan pada segala cuaca. Hal ini karena campuran pada bahan tropical yang mengkombinasikan katun dengan polyester.

Namun kandungan katun pada bahan tropical lebih banyak sehingga kain ini sangat nyaman saat digunakan karena mempunyai penyerapan keringat yang baik dan adem saat digunakan sehari-hari.

Bahan ini cocok untuk kemeja yang yang digunakan sehari-hari misalnya seragam kerja.

2. Mempunyai tekstur yang lembut

Karena terbuat dari kain katun, bahan Polyester mempunyai tekstur kain yang halus dan lembut. Hal ini membuat kain ini tidak akan membuat iritasi pada kulit meskipun dipakai seharian dan banyak berkeringat.

Tekstur yang lembut ini karena bahan katun berasal dari serat sutera yang sangat lembut.

3. Bahan kemeja Tropical kuat

Penggunaan kain tropical pada kemeja mempunyai ketahanan yang kuat hal ini karena pori pori pada kain ini rapat. Hal ini membuat kemeja menjadi lebih kuat dan tahan dari kerusakan.

Selain itu bahan tropical tidak mudah menyusut dan tidak mudah berbulu meskipun sudah dicuci secara berulang.

4. Tidak menerawang

Alasan lain mengapa harus menggunakan bahan tropical adalah karena kainnya tidak menerawang saat digunakan. Hal ini karena kain tropical mempunyai tingkat ketebalan yang pas, alias tidak tipis maupun tidak tebal.

Selain mempunyai ketebalan yang pas, bahan ini juga ringan saat digunakan sehingga cocok untuk dibordir seperti untuk kemeja instansi yang membutuhkan branding di pakaian yang dikenakan.

5. Tidak mudah kusut

Meskipun menggunakan bahan campuran katun namun bahan ini tidak mudah kusut. Hal ini karena mempunyai ketebalan kain yang tidak terlalu tipis sehingga lebih tahan terhadap kusut.

Namun bukan berarti tidak perlu disetrika sebelum digunakan. Jika kain tropical baru dicuci, disarankan untuk disetrika agar bakteri pada kain ini bisa hilang dan mempunyai tingkat kerapian yang pas.

6. Mempunyai banyak pilihan warna

Salah satu alasan kenapa bahan ini banyak digunakan oleh para konveksi dan brand baju adalah karena mempunyai variasi warna yang banyak dipasaran. Dengan banyak pilihan warna konsumen bisa mempunyai banyak pilihan sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Selain itu, warna pada kain Tropical tidak mudah memudar sehingga banyak digunakan menjadi seragam kerja dan suatu instansi.

Penggunaan bahan kemeja tropical

Penggunaan bahan kemeja tropical banyak digunakan dalam seragam kerja BUMN, PNS dan seragam kerja lainnya. Hal ini karena karakteristiknya yang nyaman dan kekuatannya yang membuat kemeja ini cocok untuk digunakan harian.

Kain ini mirip dengan bahan oxford karena mempunyai kandungan serat yang sama yakni polyester dan katun. Namun karena kandungan katun pada bahan tropical lebih besar, membuat bahan ini mempunyai tingkat kehalusan yang lebih tinggi dan cocok untuk digunakan kegiatan di dalam ruangan.

Kekurangan Bahan Kemeja Tropical

Meskipun banyak banyak digunakan di Indonesia serta sudah terbukti kualitasnya karena digunakan oleh berbagai instansi pemerintahan bahan ini tidak terlepas dari kekurangan.

Kekurangan penggunaan bahan tropical adalah harganya yang terbilang mahal bahkan hingga 2 kali lipat lebih besar dari harga biasanya. Bahan Tropical dihargai paling murah 31 ribu untuk satu meter. Hal ini tentu berbanding 2 kali lipat dari kain american drill yang hanya ditaksir dengan harga 16 ribu rupiah per meternya.

Kendati demikian, harga memang tidak membohongi kualitas. Dengan harga kain yang terbilang mahal tersebut, kemeja dengan kualitas super bisa dibuat.

Kemeja berbahan dasar kain tropical bisa bertahan hingga bertahun-tahun karena kainnya yang kuat dan warnanya tidak mudah luntur.

Harga Kain Tropical

Ada 4 jenis kain tropical yang ada dipasaran dengan harga yang berbeda-beda. Perbedaan ini berdasarkan kualitas kain dan tingkat kelembutan.

  • Kusuka Tropical : Rp 30.250 Per Meter
  • Maryland Tropical : Rp 33.500 per yard
  • Texmoda : Rp 40.500 per meter
  • Taipan Tropical : Rp 44.000 per meter

Demikian penjelasan kami tentang bahan kemeja tropical. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari referensi bahan kemeja berkualitas dan berminat untuk membuat kemeja. Jika anda ingin membuat kemeja dengan standar kualitas yang bermutu, anda bisa menghubungi diprintex solo pada nomor whatsapp ini. Selain menyediakan layanan konveksi, diprintex solo juga menerima berbagai pesanan souvenir mulai dari produk olahan tas hingga akrilik.

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?