Bahan kemeja Ripstop : Penggunaan, Jenis, dan Kelebihan

Bahan Kemeja Ripstop – Kemeja adalah salah satu jenis pakaian yang wajib dimiliki oleh semua orang di Indonesia. Hal ini karena penggunaan kemeja sangat dibutuhkan di zaman sekarang oleh seluruh orang, mulai dari untuk bekerja, sekolah, ke acara formal hingga pakaian untuk hangout.

Jenis kemeja di Indonesia juga sangat beragam mulai dari kemeja kerja, seragam sekolah, kemeja kasual, kemeja pantai dan lain-lain. Jenis kemeja yang beredar itu mempunyai karakteristik dan penggunaan bahan yang berbeda-beda, hal ini demi menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Bahan kemeja Ripstop jadi salah satu jenis kain yang digunakan dalam pembuatan kemeja. Jenis bahan ini banyak digunakan di Indonesia untuk menciptakan sebuah kemeja dengan karakteristik yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan dari diprintexsolo mengenai bahan kemeja Ripstop.

Penggunaan bahan kemeja Ripstop di Indonesia

Dari sekian banyak jenis kemeja di Indonesia, bahan kemeja ripstop menjadi salah satu pilihan untuk para produsen kemeja. Meskipun di Indonesia banyak menggunakan bahan katun, flanel, drill dalam pembuatan kemeja, penggunaan bahan ini juga terbukti baik untuk kemeja.

Lalu apa itu bahan Ripstop? Bahan atau kain Ripstop adalah salah satu kain tenun dengan penggunaan nilon didalamnya. Terdapat teknik tenun khusus dalam pembuatan kain Ripstop agar kain ini bisa lebih tahan dari sobekan dan adanya 3 struktur dimensi Nilon yang dikaitkan dengan jenis kain yang tipis.

Jenis kain Ripstop mempunyai berbagai pola mulai dari hexagon, diamond, kotak dan lain-lain. Kain ini mempunyai kerapatan yang tinggi sehingga mempunyai karakteristik yang kuat bahkan sangkin rapatnya membuat kain ini cenderung tahan air dan tidak mudah meresap.

Kain Ripstop biasanya menggunakan campuran dari kapas, sutra, poliester, nilon, dan polypropylene sehingga menghasilkan kualitas kain yang lembut untuk digunakan.

Penggunaan bahan kemeja ripstop di Indonesia biasanya untuk pembuatan kemeja untuk pekerjaan di luar ruangan seperti Pakaian Dalam Lapangan (PDL), kemeja taktikal bahkan penggunaan bahan ripstop biasanya digunakan dalam seragam polisi dan militer. Dengan ini bisa membuktikan bahwa kain Ripstop mempunyai kekuatan yang sudah terbukti.

Jenis kain ripstop

Ada beberapa jenis kain ripstop yang perlu anda ketahui. Beberapa jenis kain ripstop ini mempunyai keunggulan dan karakteristiknya tersendiri karena mempunyai campuran serat yang berbeda.

Jenis Kain Ripstop Nilon

Jenis kain ripstop yang pertama adalah ripstop nilon. Sesuai dengan namanya, kain ripstop ini menggunakan bahan dasar dari benang nilon. Hal ini membuat kain ini mempunyai karakteristik yang tahan air dan kuat.

Meskipun kuat, kain ini mempunyai tingkat elastisitas yang baik sehingga bisa digunakan untuk bahan dasar hammock. Selain itu, kain ripstop nilon ini tahan terhadap jamur dan mudah kering.

Kendati demikian, kain ini mempunyai kekurangan sulit menyerap keringat sehingga gerah jika digunakan dalam cuaca yang panas.

Jenis kain Ripstop Polyester

Jenis kain Ripstop yang selanjutnya adalah Ripstop Polyester. Tak jauh berbeda dari Ripstop Nilon, pada jenis ini mempunyai campuran Polyester dan teknik penenunan yang berbeda.

Dengan campuran Polyester dan bahan kimia lainnya membuat kain ini lebih lentur dan halus namun tidak mudah melar. Namun kali ini tak mempunyai ketahanan panas yang baik.

Jenis kain Ripstop Poplin

Selanjutnya, ada jenis kain Ripstop Poplin. Bahan yang satu ini biasanya digunakan dalam seragam militer dan polisi. Hal ini karena kekuatan dari Ripstop Poplin yang bisa menunjang kegiatan kemiliteran.

Keunggulan dari jenis kain Ripstop Poplin yang lain adalah harganya yang cukup terjangkau dan mudah ditemukan di toko kain.

Jenis kain Ripstop TR

Jenis kain ini sering digunakan dalam bahan kemeja Ripstop karena mempunyai karakteristik bisa menunjang kegiatan tertentu. Kain Ripstop TR mempunyai kemiripan dengan kain Drill karena mempunyai campuran serat dari Tetoron dan Rayon.

Kain Ripstop TR terbukti nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan di luar ruangan. Maka dari itu kain ini sering digunakan untuk seragam kerja PDL, PDH, kemeja taktikal, celana cargo dan lain-lain.

Ripstop Parasut

Jenis Ripstop yang satu ini memang kurang cocok untuk  digunakan sebagai bahan kemeja. Namun kain jenis Ripstop parasut ini mempunyai banyak fungsi loh.

Hal ini karena kain Ripstop Parasut terdiri dari campuran Nylon dan Polypropylene yang membuat bahan ini menjadi anti air. Bahkan air akan sulit rembes karena kain ini bisa mengalirkan air seperti halnya daun talas.

Biasanya penggunaan bahan Ripstop Parasut untuk jaket anti air, tenda, cover mobil, tas ransel dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan bahan Ripstop

Kelebihan bahan ripstop

  • Mempunyai kerapatan benang yang tinggi sehingga kuat dan tidak mudah robek
  • Mempunyai berbagai motif yang unik sehingga menarik untuk digunakan
  • Tahan terhadap percikan air dan tidak mudah rembes
  • Apabila dicuci atau basah lebih mudah kering karena cenderung ringan.

Kekurangan bahan ripstop

  • Untuk bahan yang tidak ada campuran katun, sirkulasi udara kain ini kurang baik
  • Merupakan bahan yang sulit terurai sehingga menjadi limbah yang tidak ramah lingkungan apabila dibuang
  • Untuk jenis nilon, kurang tahan matahari sehingga warna cepat memudar

Demikian penjelasan kami tentang bahan kemeja ripstop mulai dari penggunaan, jenis dan kelebihan serta kekurangannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda yang ingin membuat kemeja ripstop.

Jika anda membutuhkan sebuah konveksi besar untuk memproduksi kemeja dari berbagai jenis, gaya dan bahan, anda bisa menggunakan jasa konveksi dari diprintexsolo.

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?