Bahan Kemeja Oxford, Bahan Kemaja Sejuta Umat

 

Bahan Kemeja Oxford banyak dipakai di Indonesia karena mempunyai kualitas kain yang baik untuk menciptakan kemeja yang cocok untuk dipakai sehari-hari. Jika anda mencari bahan kemeja yang mempunyai kualitas yang bagus namun harga yang terjangkau, bahan oxford bisa jadi pilihan.

Kemeja Bahan Oxford

Penggunaan kemeja bahan oxford di Indonesia biasanya dipakai untuk kemeja kantoran, seragam pabrik, hingga seragam sekolah. Namun banyak juga brand yang mempunyai produk kemeja bahan oxford karena memang kain oxford cocok digunakan untuk kemeja.

Umumnya kemeja bahan oxford mempunyai komposisi 60% katun dan 40% polyester sehingga dapat nyaman digunakan seharian karena menyerap keringat dan adem saat digunakan.

Proses produksi kemeja bahan oxford juga termasuk mudah karena mempunyai karakteristik kain yang mudah dibentuk. Pemilihan bahan oxford pada kemeja juga didukung oleh kainnya yang murah dan mudah ditemukan di berbagai toko penjual kain.

Meskipun harga kain yang terjangkau, bahan kemeja oxford tidak mengecewakan bahkan beberapa brand besar tetap menggunakan bahan ini. Kenapa? karena bahan ini mempunyai ketebalan yang pas dan terasa lentur sehingga sangat cocok untuk memproduksi kemeja dengan fitting slim fit.

Namun saat pemilihan bahan oxford perlu diperhatikan lagi karena setiap kain oxford mempunyai kualitas yang berbeda-beda dari pabrikan. Sehingga anda harus memahami kualitas kain oxford yang bagus seperti apa.

Tak hanya digunakan sebagai kemeja, kain ini juga sering dipakai untuk gamis, baju koko dan blus wanita.

Kelebihan dan kekurangan bahan katun oxford

Kelebihan bahan oxford

Berikut ini kelebihan bahan oxford yang membuat bahan ini banyak digunakan oleh produsen kemeja di Indonesia.

  1. Kain oxford mempunyai tekstur yang halus dan lembut sehingga cocok dipakai sehari-hari
  2. Untuk wilayah Indonesia yang beriklim tropis, bahan kemeja oxford sangat cocok karena adem saat digunakan
  3. Serat pada kain oxford padat sehingga bahan oxford tidak menerawang saat dipakai. Hal ini membuat kain oxford cocok digunakan untuk pakaian pria dan wanita.
  4. Para produsen kain banyak memproduksi kain oxford dalam berbagai warna sehingga para konveksi mempunyai banyak pilihan
  5. Kain oxford mempunyai harga yang terjangkau sehingga banyak disukai oleh produsen baju di Indonesia
  6. Kain oxford mudah ditemukan di berbagai toko kain di setiap daerah karena mempunyai permintaan pasar yang besar

Kekurangan kain oxford

Meskipun terdapat 6 kelebihan yang membuat bahan ini jadi favorit para produsen kemeja, ada beberapa kekurangan bahan ini, berikut daftarnya.

  1. Bahan kemeja oxford mudah kusut sehingga anda harus menyetrika usai mencucinya
  2. Kain oxford apabila sudah lama digunakan dan banyak dicuci menggunakan detergen yang berlebih serat dari kain oxford akan mudah robek dan terasa kaku
  3. Setiap kain oxford yang diproduksi oleh produsen kain mempunyai kualitas yang berbeda. Ada kain oxford yang mempunyai kualitas baik dan ada juga yang kurang baik. Maka dari itu anda harus memilih dengan seksama saat membeli kain oxford

Jenis kain oxford

Jenis kain oxford ada beragam sehingga anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini jenis kain oxford yang beredar di Indonesia.

1. Kain Oxford Denim

Jenis kain oxford yang pertama adalah kain oxford denim yang terbuat dari serat kain denim. Kain ini banyak digunakan untuk produksi kemeja di Indonesia jika ingin menciptakan kemeja yang mempunyai kekuatan yang baik.

Bahan kain oxford denim ini terbuat dari bahan Twill Weave yang mempunyai bentuk serat yang menyilang. Ciri khas dari kain oxford denim ini mempunyai tekstur yang agak kasar.

2. Kain oxford katun

Jenis kain oxford yang kedua adalah kain oxford katun yang sering disebut juga dengan kain Osworth. Kain oxford yang satu ini banyak beredar di toko kain di seluruh Indonesia karena banyak digunakan oleh para konveksi.

Namun komposisi campuran katun pada kain oxford ini berbeda-beda, semakin banyak kandungan katun maka kain tersebut makin mempunyai daya serap yang baik dan lembut.

3. Kain oxford taipan tropical

Jenis kain oxford yang selanjutnya adalah taipan tropical. Kain oxford jenis ini mempunyai campuran katun dengan polyester sehingga adem saat digunakan.

Kain ini mempunyai kemiripan dengan bahan japan drill dari segi kenyamanan saat dipakai. Namun perbedaannya ada pada teksturnya yang tak memiliki tekstur garis miring seperti pada kain drill.

4. Kain Oxford Two-Tone

Jenis kain oxford yang selanjutnya adalah kain oxford Two-Tone. Perbedaan dari kain Oxford yang lain adalah warna yang ada pada kain tersebut. Kain ini mempunyai dua warna hasil dari pencampuran benang saat proses produksi.

Kain ini biasanya mempunyai campuran komposisi 70% katun dan 30 persen polyester. Kain ini biasanya digunakan oleh para brand yang ingin menghasilkan kemeja dengan warna yang berbeda.

5. Kain Oxford Kusuka Tropical

Jenis kain Oxford yang lainnya adalah jenis kain kasuka Tropical. Kain ini banyak beredar di Indonesia karena mempunyai warna yang bagus. Agak mirip dengan kain oxford two-tone, karena mempunyai campuran polyester dan katun.

Namun perbedaannya dari warnanya yang lebih solid meskipun mempunyai campuran polyester. Kain oxford kusuka tropical lebih tebal dari kain yang lain dan nyaman ketika digunakan.

Sekian penjelasan kami tentang kemeja bahan oxford. Jika anda ingin mencari partner untuk memproduksi kemeja oxford, anda bisa menggunakan layanan dari diprintexsolo yang merupakan pusat konveksi dan sovenir solo. Hubungi call center diprintexsolo yang tersedia di laman website ini.

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?