Bahan Kemeja Flanel : Kelebihan, Jenis Dan Karakteristik

Sumber : unsplash.com

 

Bahan kemeja flanel

Bahan kemeja Flanel yang bagus banyak dicari orang terlebih para pelaku usaha bidang fashion di Indonesia. Hal ini karena penggunaan kemeja flannel yang makin banyak dipakai mengingat kesan trendy dan stylish bagi siapa saja yang memakainya.

Namun pada produsen fashion dan pemilik brand harus cermat dalam memilih bahan kemeja flanel yang bagus karena kualitas dalam industri fashion harus terus dikedepankan. Tak hanya itu, pemakai kemeja Flanel yang mayoritas adalah kaum muda mengharuskan para produsen dan konveksi untuk menciptakan kemeja flannel yang berkualitas tinggi.

Penggunaan Bahan Kemeja Flanel yang bagus dan berkualitas

Bahan kemeja flanel awalnya ada berbahan dasar wol. Hal itu terjadi pada revolusi industri yang berlangsung pada abad ke-18 yang membuat bahan kemeja flanel dari wol secara massal diproduksi.

Pada saat itu flanel yang dibuat tidak mempunyai motif seperti sekarang yang umumnya kotak kotak. Namun trend kemeja flanel dengan motif kotak-kotak bermulai dari brand asal Amerika Serikat bernama Carhartt.

Brand Carhartt mempengaruhi terhadap beredarnya kemeja flannel sampai sekarang yang banyak menggunakan motif kotak-kotak.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan bahan kemeja flanel semakin berubah karena penemuan berbagai bahan dasar tekstil. Untuk sekarang bahan kemeja flanel bisa terbuat dari bahan dasar serat kapas, sutra dan serat sintetis.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak macam-macam bahan kain flanel yang biasa dipakai di Indonesia

Kelebihan bahan kemeja flanel

Berikut ini beberapa kelebihan bahan kemeja flanel

  • Mudah dibentuk karena mempunyai tekstur yang tidak kaku dan bisa memanfaatkan potongan kecil.
  • Mempunyai tekstur yang halus sehingga bisa nyaman untuk dipakai dan cocok untuk pekerjaan diluar ruangan.
  • Harga kain yang cenderung lebih terjangkau daripada kain katun lainnya bahkan kain flanel bisa dibeli secara eceran atau per meter
  • Kain flanel mempunyai banyak pilihan warna yang mencolok sehingga stylish untuk digunakan sebagai kemeja
  • Mempunyai tekstur kain yang tebal sehingga cocok digunakan di cuaca dingin karena bisa menghangatkan tubuh

Jenis Bahan Kain Flanel

Berikut ini macam bahan kain flanel

Kain Flanel Blend

Kain Flanel Blend mempunyai karakteristik kain yang padat dan tidak mudah melar. Hal ini karena Kain Flanel Blend menggunakan campuran bahan dasar woll dommba dan rayon.

Presentase antara woll domba dan rayon ini berbeda-beda dari setiap produk dan menghasilkan tekstur dan kualitas flanel yang berbeda.

Kain Flanel Akrilik

Kain Flanel akrilik adalah kain flanel yang mempunyai bahan campuran akrilik atau serat plastik. Flanel ini banyak ditemukan di Indonesia dan mempunyai harga yang cenderung lebih terjangkau.

Karakteristik kain flanel akrilik adalah mempunyai tekstur kain yang padat dan mudah berbulu.

Kain Flanel Polyester

Kain Flanel Polyester umumnya tak berbeda jauh dengan kain flanel akrilik, namun perbedaannya terdapat pada teksturnya yang lebih licin.

Kain Flanel Bamboo

Kain jenis Bamboo menjadi ngetren dalam beberapa tahun terakhir hingga sekarang karena merupakan inovasi yang bagus dalam industri tekstil. Hal ini karena flanel ini mempunyai bahan yang eco-friendly atau mudah terurai dengan alam karena mempunyai bahan dasar alami.

Penggunaan kain bamboo juga bisa diaplikasikan ke bahan flanel. Bahan kemeja flanel yang menggunakan kain bamboo mempunyai kualitas yang premium karena terbebas dari bakteri.

Kain Flanel Wool

Kain Flanel Wool adalah kain pertama yang digunakan dalam pembuatan kemeja flanel. Kain flanel wool berbahan dasar 100% dari wool asli hal ini membuat harganya lebih mahal daripada bahan yang lain.

Karakteristik dari kain flanel wool adalah mempunyai tekstur yang berserat dan lebih tebal. Kain flanel wool ini cocok digunakan untuk brand fashion dengan harga yang tinggi.

Karakteristik bahan kemeja flanel

Penggunaan bahan kemeja flanel mempunyai karakteristik yang cocok untuk dijadikan pakaian sehari-hari. Berikut ini karakteristik kain kemeja flanel

1. Tekstur yang halus

Kemeja flanel mempunyai karakteristik tekstur yang halus ketika dipegang. Hal ini karena kemeja flanel awalnya diperuntukan oleh orang-orang yang bekerja di luar ruangan.

Dengan tekstur yang halus membuat penggunanya merasa nyaman dan bisa dipakai seharian.

2. Tekstur yang berbulu

Kemeja flanel mempunyai tekstur yang sedikit berbulu. Hal ini karena penggunaan bahan kemeja flanel yang mempunyai bahan dasar wool.

Namun untuk beberapa flanel dengan bahan dasar akrilik, bamboo, dan polyester dibuat berbulu agar mempunyai kesamaan dengan flanel berbahan dasar wol yang harganya lebih mahal.

3. Kain yang tebal

Kain yang digunakan dalam kemeja flanel cenderung lebih tebal daripada kain katun lainnya. Selain karena bahan dasarnya yang kerap menggunakan wool, namun kemeja flanel memang didesain untuk menahan cuaca dingin dan bisa menghangatkan tubuh.

4. Umumnya bermotif kotak-kotak

Kemeja flanel pada zaman sekarang umumnya mempunyai motif yang kotak-kotak hal ini karena brand Carhartt yang memproduksi pada abad 19 dan terlihat trendy dan stylish hingga sekarang.

Kendati demikian, tak semua kemeja flanel mempunyai motif yang kotak-kotak. Beberapa kemeja flanel mempunyai motif yang polos dan lebih simpel sesuai dengan selera pasar.

5. Tidak kaku

Karena didesain untuk digunakan di luar ruangan, kemeja flanel tidak boleh kaku. Kain flanel yang digunakan untuk kemeja harus mempunyai tekstur yang lembut agar bisa nyaman digunakan oleh siapapun dan dimanapun.

Nah bagi anda yang ingin membuat kemeja flanel dalam jumlah yang besar, anda bisa menggunakan jasa konveksi dari diprintexsolo.

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?