Bahan Katun Untuk Kemeja Kantor

Photo by Benjamin Rascoe on Unsplash

Bahan Katun Untuk Kemeja Kantor

Kemeja adalah pakaian yang hampir semua orang memilikinya. Tak hanya pria saja, semakin berkembangnya dunia fashion berbagai model kemeja untuk wanita juga semakin kekinian.  Tidak hanya cocok untuk acara formal, kemeja juga bisa digunakan di acara apapun contohnya yaitu hang out, kemeja bekerja dan lain sebagainya. Untuk kemeja yang dipakai bekerja, tentunya bahan yang digunakan berbeda dengan kemeja lainnya.

Ada banyak bahan kain yang dipakai untuk pembuatan kemeja kerja atau kantor, salah satunya yaitu Katun. Semua orang tentunya tak lagi asing mendengar nama bahan kain yang satu ini. Katun adalah jenis kain yang memiliki karakter yang cocok untuk semua jenis pakaian. Memiliki jenis dengan tingkatan kualitas yang sangat beragam membuat kain katun sangat fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan kemeja.

Selain hal-hal tersebut, kain katun juga memiliki kelebihan lain yaitu sangat nyaman digunakan. Sebab memiliki karakteristik bahan yang mudah menyerap keringat dan memberikan ruang pada pori-pori kulit untuk bernapas. Sehingga kemeja akan tetap nyaman dipakai, meskipun dalam kondisi cuaca yang panas ataupun dingin. Maka dari itu katun dinobatkan sebagai bahan kain yang paling banyak dipakai di negara tropis seperti Indonesia.

Ada satu hal yang perlu kita ketahui bersama yaitu semakin berkualitas kain katun maka akan semakin tipis ketebalannya.  Tentunya tingkat kenyamanannya juga lebih tinggi, contohnya sendiri yaitu katun combed yang digolongkan sebagai katun premium. Tak hanya dinilai dari ketebalannya, karakternya yang mudah kusut atau tidak dan warna yang tahan lama atau tidak juga dinilai.

Kali ini kita akan membahas tentang macam-macam bahan katun yang cocok untuk kemeja kantor. Yuk simak!

Macam-macam Bahan Katun dan Karakteristiknya Untuk Kemeja Kantor

  1. Katun Jepang

Katun Jepang memiliki karakteristik kain yang tidak mengkilap, tekstur yang halus, dan sangat nyaman dipakai. Katun Jepang merupakan salah satu jenis kain yang di impor dari negara Jepang. Kain ini memiliki ciri-ciri yaitu dibuat dari bahan katun yang memiliki serat sangat lembut dengan 90% sampai 100% berkualitas premium.

Kain Katun Jepang juga terlihat sangat glossy dan mengkilap serta warnanya tidak mudah luntur sehingga dapat dipakai dalam waktu yang lama. Biasanya pada bagian ujung katun jepang terdapat sebuah tulisan Japan Design. Apabila tulisan Japan Design tersebut tidak ada biasanya akan digantikan dengan kode warna yang ada pada kain tersebut.

Bahan ini sangat nyaman digunakan sebab bisa menyerap keringat dengan sangat baik dibandingkan dengan katun biasanya. Oleh sebab itu, dipasaran harga katun jepang cukup mahal. Namun tidak akan menyesal, sebab kualitas yang ditawarkan sangatlah sebanding.

  1. Katun Madinah

Jenis kain katun berikutnya adalah katun madinah. Jika dilihat secara seksama, katun madinah ini memiliki tekstur yang tampak seperti serabut halus. Kain madinah memiliki karakteristik bahan yang lembut, dingin, ringan, jatuh dan tentunya tidak menerawang. Untuk dibuat kemeja kantor kain madinah ini sangatlah cocok, sebab kualitasnya yang bagus.

Namun, harus berhati-hati dalam melakukan perawatan, sebaiknya menghindari kegiatan menyikat secara berlebihan sebaiknya bila noda tidak terlalu kotor proses menyikat diganti dengan proses mengucek secara perlahan. Hal tersebut dilakukan agar tidak merusak kain katun.

  1. Katun Toyobo

Katun toyobo merupakan jenis katun yang berasal dari negara Jepang. Kain toyobo adalah jenis kain yang tidak menerawang sebab memiliki serat kain yang sangat rapat. Jenis kain ini sering kali digunakan untuk membuat berbagai produk baik pakaian wanita maupun pria. Tidak lain juga yaitu kemeja kerja atau kemeja kantor. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara katun toyobo satu dengan yang lainnya:

  1. Katun Toyobo Original Import

Jenis katun toyobo original import ini memiliki karakteristik bahan yang tidak kaku, halus, tidak menerawang, ringan, dingin, akan tetapi sedikit licin.

  1. Katun Toyobo Fodu Import Premium

Jenis katun toyobo fodu import premium adalah jenis katun yang memiliki kualitas yang cukup bagus. Jenis katun ini memiliki serat yang sangat rapat dan sedikit tebal. Selain itu permukaan kain ini terlihat mengkilap sehingga bisa memberikan kesan yang sangat berkelas.

  1. Katun Rayon

Katun rayon adalah jenis kain yang nyaman digunakan karena bisa menyerap keringat dengan baik. Saat dikenakan juga katun rayon ini tidak mudah kusut, permukaan kainnya juga licin dan nampak seperti sutera. Kelebihan lainnya yaitu saat dipakai terasa dingin saat dipakai. Namun dalam perawatannya perlu hati-hati agar warna dari kain katun rayon tidak mudah pudar warnanya.

  1. Katun Cina

Katun cina memiliki serat yang tidak terlalu tebal dan biasanya sering ditemukan pada pembuatan sarung bantal atau sprei. Tak hanya itu, katun cina juga sering ditemukan pada pembuatan kemeja. Baik kemeja biasa atau kemeja kantor, namun kekurangannya yaitu bahan katun cina ini tidak bisa bertahan lama bila telah melewati perawatan yang lama seperti proses pencucian dan telah dipakai berulang-ulang.

  1. Katun Bangkok

Katun bangkok memiliki tekstur yang lebih kasar dibanding dengan jenis katun yang lainnya. Pengunaannya sering terlihat pada kaos, mukena, dan juga kemeja kantor. Untuk beberapa warna tertentu perlu menggunakan furing karena akan terlihat transparan. Kain ini menyerap keringat dengan baik, jadi akan nyaman saat dipakai.

Itu dia macam-macam bahan katun dan karakteristiknya yang bisa digunakan sebagai bahan kemeja kantor. Semoga bermanfaat dan membantu!

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?