Apakah Sablon Plastisol yang Bagus?

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan istilah sablon, sablon atau biasa juga dikenal dengan cetak saring adalah proses mencetak gambar atau tulisan dibantu penggunaan screen atau template pada berbagai jenis media datar. Namun rata-rata material yang dipilih untuk digunakan mencetak gambar atau tulisan adalah kain karena berdaya serap tinggi.

Penggunaan kain pada proses sablon memang lebih marak dibanding material lain meski tak jarang juga penggunaan spanduk dan plastic juga terjadi dalam industry ini. Baik kain maupun material lain, tidak semuanya bisa digunakan untuk bahan dasar sablon. Sablon memiliki beragam jenis yang pembuatannya pasti dikuasai oleh pengrajin sablon salah satunya sablon plastisol.

Sablon plastisol merupakan salah satu jenis sablon unggulan yang sudah marak digunakan. Sablon plastisol merujuk pada penggunaan tinta sablon yang biasanya dibuat dari PVC dan minyak, tinta ini termasuk jenis tinta unik yang berbeda dengan jenis tinta sablon lainnya. Pada proses pembuatannya sablon plastisol menggunakan teknik standart internasional sehingga sangat sesuai untuk pembuatan jersey dan sebagainya.

Sablon plastisol yang bagus sudah tentu yang mampu memberikan berbagai kelebihan pada hasil sablon. Beberapa kelebihan dari sablon plastisol diantaranya adalah :

  • Tahan lama

Tinta yang digunakan pada sablon plastisol memiliki daya rekat yang baik. Hal ini berdampak terhadap ketahanan sablon terhadap suhu, cuaca dan air. Untuk itu jika kamu sedang ingin memesan sablon, kamu bisa mencoba menggunakan sablon plastisol agar hasilnya lebih tahan lama. Berbagai kondisi tidak akan mempengaruhi hasil sablon, sebagai akibat dari campuran bahan sablon dengan plastik.

Biasanya, kain yang disablon apabila sering dicuci gambar atau tulisan perlahan-lahan luntur dan kemudian hilang sepenuhnya, namun sablon plastisol menawarkan kelebihan pada hasil sablon yakni hasil yang awet meski dicuci berkali-kali dan tidak mudah luntur meski dikeringkan dengan mesin pengering.

  • Warna

Tinta yang digunakan pada proses sablon memiliki ragam jenis kelebihan dan kekurangan. Tinta sablon plastisol memiliki ketahanan baik, meski hasilnya tidak terlalu mencolok namun tetap cerah. Ketika dipegang hasil sablon juga lembut dan tidak bertekstur sehingga nampak berkualitas.

Warna pada hasil sablon yang memberikan efek cerah, tinta sablon plastisol juga memiliki bermacam-macam pilihan warna mulai dari yang transparan hingga gelap sehingga kamu bisa memilih sesuai keinginanmu untuk menghasilkan sablon plastisol yang bagus. Pada proses finishing sablon plastisol juga mampu memberikan berbagai efek mulai dari doff, glossy dan masih banyak lagi.

Sablon plastisol juga mampu memberikan visual yang akurat pada gradasi warna, dengan ini kamu tidak perlu khawatir jika ingin bereksperimen menggabungkan berbagai pilihan warna dalam satu gambar atau tulisan karena hasilnya akan sangat detail.

  • Mudah

Proses sablon plastisol dapat dilakukan dengan metode wet on wet yang membuat proses penambahan warna pada gambar atau tulisan tidak perlu menunggu warna sebelumnya kering dahulu sehingga penggunaan waktu dapat lebih efisien. Dengan ini kamu tidak perlu khawatir warna menempel atau hilang karena plastisol memiliki karakteristik tinta yang unik.

Tidak hanya itu, kemudahan tinta plastisol juga berada pada pengaplikasiannya yang tidak membutuhkan campuran bahan lain. Kamu bisa langsung mencetak gambar atau tulisan dengan tinta plastisol.

  • Kualitas Bagus

Tinta plastisol terbuat dari campuran beberapa zat unik dan bermutu. Setelah sablon selesai sisa tinta plastisol yang masih ada sangat dapat digunakan lagi untuk proses sablon selanjutnya karena tidak mudah kering meski berada dibawah suhu normal. Untuk itu kamu dapat menghemat pengeluaran untuk setiap proses sablon plastisol.

Jika sisa tinta masih ingin digunakan, baiknya disimpan di tempat yang aman agar tidak merubah karakteristik dan kebermanfaatannya hal ini akan membantu mengurangi limbah tinta yang dapat mencemari lingkungan. Tidak hanya itu, penggunaan plastisol juga membuat baju atau materialnya tetap halus karena tidak akan terpengaruh proses sablon.

Penggunaan tinta plastisol dalam sablon juga sering dipilih karena tidak menimbulkan bau khas tinta yang menyengat setelah proses selesai sehingga tidak mengganggu ketika pakaian yang disablon digunakan.

  • Mudah diperbaiki

Jika terdapat kesalahan saat proses cetak menggunakan tinta plastisol, kesalahn tersebut dapat diperbaiki dengan segera karena tinta plastisol termasuk jenis tinta yang sulit kering. Ini memudahkan bagi pengrajin karena jika terjadi kesalahan dapat segera diselesaikan tanpa membuang atau merusak material.

  • Kualitas Internasional

Tak diragukan lagi, dengan berbagai kelebihan yang diberikan tinta plastisol menjadi salah satu jenis tinta yang diakui dalam dunia internasional. Penggunaan plastisol pada proses sablon internasional menjadi bukti kuat bahwa jenis plastisol sangat berkualitas baik.

Meski digunakan sebagai standart dalam dunia sablon, sablon plastisol tetap memiliki kekurangan yang diantaranya adalah kurang tahan terhadap panas, untuk itu jangan menyetrika hasil sablon untuk menghindari kerusakan pada tinta plastisol dan berdampak terhadap gambar atau tulisan yang berada di atas material.

Selain itu kamu juga perlu memperhatikan penjemuran, karena cukup sensitive dengan panas berlebih baiknya menjemur hasil sablon plastisol di dalam ruangan atau di tempat teduh agar hasil sablon tidak langsung terkena matahari. Jika terkena panas berlebih dalam waktu lama hasil sablon bisa mengkerut dan nampak jelek jika dipakai.

Ketika mencuci atau menjemur, pastikan sablon tidak saling menempel, tinta sablon yang menempel dapat merusak hasil sablon ketika ditarik karena lengket.

Kekurangan lain dari tinta plastisol adalah harganya yang cukup mahal, material plastisol terbuat dari campuran minyak sintetis yang lumayan susah dicari sehingga harganya cukup menguras kantong. Karena harganya yang cukup mahal tidak banyak usaha konveksi yang menggunakan bahan ini sehingga terkesan eksklusif.

Proses sablon menggunakan tinta plastisol juga lebih rumit disbanding menggunakan jenis tinta lain karena pemberian tinta harus dilakukan beberapa kali.

Berbagai kelebihan dan kekurangan tersebut bisa menjadi bahan perbandingan bagi kamu yang ingin mencetak sablon. Jika kamu tertarik kamu bisa mencari jasa ini di sekitar kamu. Jasa sablon cukup mudah ditemukan mengingat kini banyak pengrajin sablon yang membuka toko dan percetakan sendiri.

Jika kamu kesulitan kamu bisa menggunakan bantuan media social, website dan marketplace. Kamu akan mudah menemukan layanan ini karena kini banyak usaha sablon yang mempromosikam jasanya secara daring untuk meraih pasar yang lebih luas.

Pastikan untuk mencari jasa sablon plastisol terpercaya agar hasilnya sesuai dengan keinginanmu, hal ini juga menghindari adanya kesalahan dan penipuan yang akan merugikan dirimu sendiri. Sebelum memutuskan untuk memesan sablon plastisol cari tahu lebih dulu jasa yang akan kamu gunakan.

Berbagai jasa pemesanan sablon plastisol biasanya memiliki harga yang beragam, kamu biasa mneyesuaikannya dengan kondisi keuangan kamu sebelum memutuskan untuk memesan. Namun karena harganya terkenal cukup mahal, untuk memesan sablon plastisol tentu kamu perlu mempersiapkan biaya lebih disbanding sablon lainnya.

Konveksi Diprintex Solo | Ahlinya Konveksi Kemeja, Baju Seragam & Kaos Komunitas

Artikel Menarik Lainnya

Jersey Futsal Keren

Bagi futsal dan sepak bola penggunaan jersey tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu atribut sepak bola ini seakan melekat kental pada jenis aktivitas olahraga

Read More »

Seragam Kerja Lapangan Keren

Seragam kerja adalah pakaian yang dipakai untuk kepentingan pekerjaan. Seragam kerja juga dapat digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan. Seragam kerja seringkali digunakan untuk pekerja lapangan

Read More »
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kita bantu?